Penemu Benua Amerika Pertama - Columbus

Penemu Benua Amerika PertamaAmerika adalah sebuah benua di dunia yang merujuk kepada wilayah daratan di antara Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik. Benua ini umumnya dibagi menjadi 3 yaitu Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Istilah ini juga merujuk kepada wilayah Karibia, pulau-pulau sekitar Laut Karibia, dan Greenland (namun bukan Islandia). Orang banyak mengenal bahwa Christopher Columbus adalah penemu Benua Amerika. Ketahuilah bahwa Columbus bukanlah orang pertama yang tiba di Amerika, karena yang ia dapati sudah diduduki.

Ia juga bukanlah orang Eropa pertama yang sampai ke benua itu karena sekarang telah diakui secara meluas bahwa orang-orang Viking dari Eropa Utara telah berkunjung ke Amerika Utara pada abad ke 11 dan mendirikan koloni L'Anse aux Meadows untuk jangka waktu singkat. Terdapat perkiraan bahwa pelayar yang tidak dikenali pernah melawat ke Amerika sebelum Columbus dan membekalkannya dengan sumber untuk kejayaannya. Terdapat juga banyak teori mengenai ekspedisi ke Amerika oleh berbagai orang sepanjang masa itu.

Christopher ColumbusChristopher Columbus (30 Oktober 1451 – 20 Mei 1506) adalah seorang penjelajah dan pedagang asal Genoa, Italia, yang menyeberangi Samudera Atlantik dan sampai ke benua Amerika pada tanggal 12 Oktober 1492. Perjalanan tersebut didanai oleh Ratu Isabella dari Castilian Spanyol setelah ratu tersebut berhasil menaklukkan Andalusia. Ia percaya bahwa Bumi berbentuk bola kecil dan beranggap sebuah kapal dapat sampai ke Timur Jauh melalui jalur barat.

Garis besar kisah Colombus bukan masalah baru. Dia dilahirkan di Genoa, Itali, tahun 1451. Tatkala berangkat dewasa, dia menjadi nakhoda kapal dan seorang navigator yang cekatan. Akhirnya Colombus yakin bukan mustahil menemukan jalan lebih praktis ke daerah Asia di timur dengan cara berlayar ke arah barat melintasi Samudra Atlantik dan dia dengan tekun merintis tekadnya. Tentu saja niat besar ini tidak bakal terlaksana tanpa biaya cukup. Karena itulah Colombus membujuk Ratu Isabella I menyediakan anggaran untuk ekspedisi percobaannya.

Kapalnya melepas sauh pelabuhan Spanyol tanggal 3 Agustus 1492. Melabuh pertama di Kepulauan Canary di lepas pantai Afrika. Membongkar sauh di Kepulauan Canary tanggal 6 September dan berlayar laju arah ke barat. Sebuah pelayaran yang bukan main panjang, sehingga tidak aneh jika para awak kapal merasa ngeri dan kepingin balik saja. Colombus? Tidak! Perjalanan mesti diteruskan, sekali layar terkembang pantang digulung. Dan tanggal 2 Oktober 1492 bagaikan seutas sutera hijau daratan tampak di haluan.

Colombus mengira bahwa pulau tersebut masih belum berpenghuni sama sekali. Mereka berorintasi menjadikan pulau tersebut sebagai perluasan wilayah Spanyol. Tetapi setelah menerobos masuk, Columbus ternyata kaget menemukan bangunan yang persis pernah ia lihat sebelumnya ketika mendarat di Afrika. Bangunan megah itu adalah Masjid yang dipakai oleh Orang-orang Islam untuk beribadah. Semula Columbus disambut dengan ramah oleh suku Indian, tetapi setelah ketahuan niat buruknya datang di pulau itu, Colombus banyak mendapat resistensi dari penduduk setempat.

Beberapa armada kapal milik rombongan Colombus ditenggelamkan oleh suku Indian sebab mereka merasa terganggu dan terancam oleh kedatangan Colombus. Colombus kembali ke Spanyol bulan Maret berikutnya dari penjelajahan yang dahsyat itu disambut orang dengan penuh penghormatan. Sesudah itu dia melakukan serentetan pelayaran melintas Atlantik dengan harapan menjejakkan kaki di Cina dan Jepang. Tetapi sia-sia! Colombus tetap bersiteguh bahwa dia sudah menemukan jalur perjalanan ke Asia Timur jauh sebelum orang lain sadar.

Penemuan benua Amerika dilakukan oleh beberapa orang. Khasykhasy Ibn Said Ibnu Aswad dari Cordoba, Penemu pertama benua Amerika dan berikutnya orang-orang Viking dari Eropa Utara - Viking Vinland :
1. Gunnbjörn Ulfsson, yang pertama kali melihat Greenland kira-kira tahun 900-an
2. Bjarni Herjólfsson, yang melihat Amerika Utara (Labrador, Canada) sekitar tahun 986

3. Leif Eriksson (bahasa Islandia lama: Leifr Eiríksson; Islandia, hidup sekitar tahun 970–sekitar 1020) adalah seorang penjelajah, putra Erik Si Merah (Eiríkr rauði). Ibunya adalah Þjoðhildr. Ayahnya telah memulai dua koloni Norwegia, Pemukiman Barat dan Pemukiman Timur, di Greenland yang dia namakan. Leif mulai menjelajah sekitar tahun 1000 untuk mengikuti rute Bjarni dari arah yang sebaliknya. Leif Eriksson, dikatakan telah mendarat di Amerika Utara (Newfoundland, Canada). Untuk memperingati tibanya Eriksson di Amerika Utara pada tahun 1000, sejak tahun 1964 tanggal 9 Oktober diperingati sebagai Hari Leif Eriksson di Amerika Serikat.

Laksamana Cheng Ho4. Cheng Ho atau Zheng He (Hanyu Pinyin: Zhèng Hé, Wade-Giles: Cheng Ho; nama asli: Hanyu Pinyin: Ma Sanbao; nama Arab: Haji Mahmud Shams) (1371 - 1433), adalah seorang pelaut dan penjelajah Tiongkok terkenal yang melakukan beberapa penjelajahan antara tahun 1405 hingga 1433. Dia biasa kita kenal dengan panggilan Laksamana Cheng Ho.

5. Christopher Columbus kapalnya melepas sauh pelabuhan Spanyol tanggal 3 Agustus 1492 menyeberangi Samudera Atlantik. Melabuh pertama di Kepulauan Canary di lepas pantai Afrika. Membongkar sauh di Kepulauan Canary tanggal 6 September dan berlayar laju arah ke barat. Sebuah pelayaran yang bukan main panjang. Dan tanggal 2 Oktober 1492 bagaikan seutas sutera hijau daratan tampak di haluan. Colombus sampai ke benua Amerika pada tanggal 12 Oktober 1492.

6. John Cabot dikenal di Italia sebagai Giovanni Caboto 1450 - 1499 adalah seorang navigator dan penjelajah Italia yang pada tahun 1497 menemukan bagian dari Amerika Utara di bawah komisi dari Henry VII dari Inggris sejak Viking Norwegia pada abad kesebelas. Dia mendarat di pulau Newfoundland dan menjadi orang Eropa pertama sejak Viking menjelajahi daratan Amerika Utara dan yang pertama untuk mencari Northwest Passage yaitu rute laut melalui Samudera Arktik di sepanjang pantai utara Amerika Utara kepulauan Arktik Kanada, yang menghubungkan Atlantik dan Samudra Pasifik. Meninggalkan Bristol, ekspedisi berlayar melewati Irlandia dan melintasi Atlantik membuat pendaratan di suatu tempat di pantai Amerika Utara pada tanggal 24 Juni 1497.

7. Berikutnya beberapa pengelana seperti : Santa Brendan - Pangeran Madoc - Henry I Sinclair - Pangeran Orkney - #Tokoh Ilmuwan Penemu - Penemu Benua Amerika Pertama -

Perbandingan Kapal Columbus dan Kapal Cheng HoChristopher Colombus, dalam upaya mencari jalan dari Eropa ke Timur tak sengaja menemui benua Amerika yang membuatnya lebih berpengaruh dalam sejarah dunia di luar dugaannya sendiri. Penemuannya sekaligus merupakan mahkota eksplorasi dan kolonisasi Dunia Baru dan sekaligus pula merupakan tonggak penting dalam sejarah. Colombus bagaikan membuka pintu bagi bangsa Eropa dua benua untuk pemukiman baru, menyebar penduduk dan menyediakan sumber kekayaan mineral dan isi bumi yang pada gilirannya mengubah wajah Eropa. Berbarengan dengan itu, penemuannya juga mengakibatkan hancurnya kebudayaan bangsa Indian.

Dalam jangka panjang, penemuan itu melahirkan satu bangsa baru di benua belahan Barat yang dengan amat cepatnya membedakan diri dengan bangsa Indian selaku penduduk asli. Walhasil, Colombus membawa perubahan besar bagi bangsa-bangsa di Dunia Lama. Ratu Isabella menjanjikan Colombus jadi gubernur di pulau mana pun yang ditemuinya. Akhlak Colombus tidaklah sepenuhnya dikagumi. Dia terkenal kikir dan Sifat inilah yang menyebabkan dia menghadapi kesulitan memperoleh tunjangan dana dari Ratu Isabella karena Colombus terlampau menampakkan keserakahannya tatkala melakukan tawar-menawar.

Tetapi, selaku administrator dia betul-betul tidak becus sehingga dipecat dari jabatannya dan dikirim pulang ke Spanyol dengan tangan terbelenggu. Tetapi sesampainya di Spanyol dia dibebaskan hanya saja tak pernah diberi jabatan lagi. Kabar angin mengatakan Colombus mati dalam kemiskinan tanpa ada dana apa pun. Tatkala kematiannya di tahun 1506, kabar lain, ada jugalah sedikit harta kekayaannya. Juga --walaupun tidak pantas menuduhnya menurut ukuran etika jaman sekarang-- dia memperlakukan orang-orang Indian dengan kekejaman yang sangat.