Tokoh Ilmuwan Penemu 




Penemu Elektromagnetik - William Sturgeon

Penemu Elektromagnetik - William SturgeonWiliam sturgeon lahir di whittington, pada 22 mei 1783 dan wafat pada tanggal 4 Desember 1850, adalah Penemu Elektromagnet pada tahun 1823 berkembangsaan Ingris. Elektromagnetisme adalah cabang fisika tentang medan elektromagnetik yang mempelajari mengenai medan listrik dan medan magnet. William Sturgeon di lahirkan dengan propesi orang tua yang amat sederhana, ayah sturgeon seorang pembuat sepatu sedangkan ibunya seorang buruh yang jauh dari keluarganya. Ayah sturgeon sudah menggambarkan sturgeon untuk melanjutkan usahanya setelah kematian ibunya.

Sturgeon hanya menerima pendidikan formal sampai setingkat Sekolah Dasar. Sejak umur 10 tahun sturgeon magang menjadi tukang sepatu tapi membuat dia selalu larut dalam kebodohan tapi karena itu keingin-tahuannya memustuskan untuk kabur dari usaha tersebut dan masuk sebagai angkatan mliter tentara. Setelah masuk tentara sturgeon terinspirasi mengenai kilat badai sewaktu kapal nya terkena badai, sehingga timbulnya rasa keiginan tahunya dengan alam.

Pada tahun 1802 dia masuk menjadi milisi wetmorland di Ingris dan kemudian
di pindah tugaskan royal artileri pada tahun 1804. Disana dia meminjam banyak buku di perpustakaan akademi, sehingga dia berexperimen dengan layang-layang yang dia terbangkan untuk menerima sengatan lisrik dari petir. Karena usaha percobaan tersebut
sehingga membuat dia menjadi terpopuler di taruna.

Setelah meninggalkan militer sturgeon membuka usaha tapi usaha tersebut berjalan dengan singkat. Sturgeon belajar tentang filsafat alam yang sekarang disebut dengan fisika lalu malam harinya ia kuliah dan dari sini sturgeon manjadi fisikawan. Pada tuhun 1824, ia diangakat menjadi dosen di bidang ilmu fisika di sebuah Unirvesitas. Dalam rangka untuk bereksperimen dia membutuhkan biaya yang sangat mahal sebagai modalnya. Sementara ia mencari peralatan, dia menemukan elektromagneti praktis pertama.

Penemu Elektromagnetik - William SturgeonDia membelit kumparan kawat pada sebuah batangan besi yang di aliri listrik hingga kawat di lewatin lisrik sehingga dapat menempelkan serbuk serbuk besi di sekitarnya ini disebut juga elektromagnetik yang di buat oleh sturgeon. Lalu sturgeon menyadari bahwa listrik membentuk sebuah medan magnet yang terkonsentrasi pada inti besi sehingga sturgeon membuat sesuatu gagasan tentang medan magnet. Dari hasil jerih payahnya dia mendapat penghargaan perak Dari Royal Society of Arts pada tahun 1825.

Medan listrik dapat diproduksi oleh muatan listrik statik, dan dapat memberikan kenaikan pada gaya listrik. Medan magnet dapat diproduksi oleh gerakan muatan listrik, seperti arus listrik yang mengalir di sepanjang kabel dan memberikan kenaikan pada gaya magnetik. Perubahan dalam medan magnet dapat memberikan kenaikan kepada medan listrik; yang merupakan fenomena dari induksi elektromagnetik, dan merupakan dasar dari operasi generator listrik, motor induksi, dan transformer.

Istilah "elektromagnetisme" berasal dari kenyataan bahwa medan listrik dan medan magnet adalah saling "berpelintiran"/terkait, dan dalam banyak hal, tidak mungkin untuk memisahkan keduanya. Istilah elektrodinamika kadangkala digunakan untuk menunjuk kepada kombinasi dari elektromagnetisme dengan mekanika. Subjek ini berkaitan dengan efek dari medan elektromagnetik dalam sifat mekanika dari partikel yang bermuatan listrik.

Sturgeon menikah dengan Mrs Hilton dan kehilangan ketiga anaknya sewatu masih bayi lalu dia menikah kedua kalinya dengan Maria Bromley dan sekali lagi anak tewas sewaktu bayi kemudian mereka mengadopsi seorang putri. dia menulis hasil penelitiannya pada tahun 1830 sampai 1832, kemudian ia kuliah lagi di Galeri Adelaide Sains Praktis di London yang baru saja terbentuk lalu dia meninggal pada tanggal 4 Desember 1850.



Loading...

Popular Posts