Biografi Diana Wynne Jones Penulis Inggris

Diana Wynne Jones (16 Agustus 1934 - 26 Maret 2011) adalah seorang penulis Inggris, terutama novel fantasi untuk anak-anak dan orang dewasa. Beberapa karyanya lebih dikenal adalah Chrestomanci seri, Dalemark seri; novel "Howl Moving Castle "dan" Dark Lord of Derkholm ", Dan" Panduan Sulit Untuk Fantasyland ".

Ulang Tahun ke-80 Diana Wynne Jones, Hiasi Google Doodle - Hari Ini. Diana Wynne Jones adalah penulis asal Inggris yang terutama fokus pada karya novel fantasi baik untuk anak-anak maupun pembaca dewasa. Google menghormati kelahiran Diana Wynne Jones yang jatuh pada 16 Agustus ini.

Animasi Google Doodle 
hari ini sangatlah unik. Saat Anda masuk ke halaman awal pencarian Google, ada seorang anak yang sedang menuangkan formula tertentu di mejanya bagaikan seorang ahli alkimia. Di sebelahnya ada seorang nenek yang sedang merajut dengan tekun. Di bagian tengah, tampak nyala api unggun yang menari-nari.

Bagian paling menarik adalah pintu rumah yang ditinggali nenek dan anak kecil ini. Setiap kali pintu itu terbuka, setiap kali itu pula pemandangan berganti bagaikan menggambarkan empat musim yang berlalu dengan menyenangkan dalam fantasi Diana Wynne Jones.

Perempuan hebat ini lahir pada 16 Agustus 1934 di London. Namun, masa kecilnya sedikit buruk. Perang Dunia II membuat Jones harus pindah ke Wales, Cumbria, dan Yorkshire. Di usia sembilan tahun, akhirnya Jones kecil menetap di Thaxted, bersama kedua orang tua. Tetapi penderitaan berlanjut karena dia mengalami pelecehan bersama dua adiknya, Isobel dan Ursula.
Penderitaan itu kelak berbuah mental baja Jones. Dia sudah menjadi seorang ateis sejak kecil. Pengalaman masa lalu yang suram juga menjadi inspirasi tiada henti pada karya-karyanya pada kemudian hari.

Belajar di St Anne’s College, Oxford, Jones mendapatkan limpahan pengetahuan dari pakar-pakar kenamaan. Tidak heran jika pada usia 36 tahun dia sudah merilis buku pertama yang berjudul Changeover. Berbeda dengan karyanya  belakangan, karya yang satu ini merupakan lelucon politik.

Karier Jones tidak terbendung lagi. Dia menghasilkan banyak karya monumental di bidang novel fantasi. Gara-garanya sang anak ingin membaca buku-buku yang lebih lucu. Dari sinilah lahir novel sejenis Wilkins’ Tooth (1973), The Ogre Downstairs (1974), Eight Days of Luke (1975), dan Power of Three (1976).

Karya-karya Diana Wynne Jones terus tumbuh hingga ia meninggal pada 26 Maret 2011 setelah bertarung dengan kanker paru-paru. Hingga wafat, masih banyak karya-karya yang belum dirilis dari sang penulis kenamaan.  Salah satu yang kemudian dirampungkan oleh sang adik, Ursula Jones, adalah The Islands of Chaldea (Harpercollins, tahun 2014). - Wikipedia