Biografi Robin Williams - Aktor dan Komedian

Robin McLaurin Williams lahir di Chicago, Illinois, Amerika Serikat, 21 Juli 1951 – meninggal di Daerah Marin,California, Amerika Serikat, 11 Agustus 2014 pada umur 63 tahun adalah seorang aktor dan komedian Amerika Serikat. Ia lahir di Chicago, Illinois dan dibesarkan di Bloomfield Hills, Michigan.

Awal kariernya diperhatikan publik sejak aksi melawak solonya di San Francisco. Robin mengawali karier aktingnya dengan berperan sebagai alien Mork dalam serial TV "Mork & Mindy" (1978–1982), diikuti oleh film layar lebar seperti "Good Morning Vietnam" (1987) "Awakenings" (1990),"Jumanji" (1995), serta pengisi suara dalam film animasi "Aladdin" (1992).

Ia telah dinominasikan dalam tiga ajang Academy Awards dan meraih piala Oscar untuk kategori Aktor Pendukung Terbaik dalam film "Good Will Hunting" (1997).

Robin Williams memulai film pertama ketika berakting di "Popeye" dan "The World According to Garp" yang termasuk film gagal, tapi ketika di "Good Morning, Vietnam" dia mulai memantapkan diri di mata penggemarnya. Kebanyakan perannya adalah komikal (seperti "The Birdcage"dan "Mrs. Doubtfire").

Perannya sebagai pengisi suara karakter Jin di film animasi "Aladdin" adalah tonggak utama pentingnya pengisi suara dalam film. Dia juga membintangi film serius seperti dalam "Awakenings", "What Dreams May Come", dan pada 1998 dia memenangi Penghargaan Oscar untuk kategori Aktor Pendukung Terbaik atas perannya sebagai psikolog dalam "Good Will Hunting".

Pada tahun 2000-an, pilihan perannya dalam film drama menuai kritikan karena dikatakan terlalu sentimental, khususnya di "Patch Adams", yang juga diikuti film berikutnya "Insomnia" dan "One Hour Photo".

Dia sangat dikenal dalam bakat improvisasi dan sulih suaranya. Dia juga berbakat dalam mengubah mimik wajahnya dan dapat berganti karakter dalam waktu yang sangat cepat.

Robin Williams dan istrinya Marsha Garces Williams mendirikan Windfall Foundation, sebuah lembaga penggalangan dana untuk banyak lembaga amal. Robin banyak menyumbang waktu dan energinya untuk amal, termasuk di Comic Reliefdan usaha penggalangan dana lainnya.

Robin Williams meninggal dunia di rumahnya di California pada tanggal 11 Agustus 2014 akibat penyakit asfiksia yang diidapnya.