Profil Biodata Demis Roussos Forever and Ever

Profil Biodata Demis Roussos Forever and EverArtemios (Demis) Ventouris Roussos (lahir 15 Juni 1946 – meninggal 25 Januari 2015 pada umur 68 tahun) adalah penyanyi asal Yunani dan mantan anggota Aphrodite's Child. Namanya dikenal berkat vibrato vokalnya yang khas.

Lagu-lagu hit dari Demis Roussos di antaranya "Goodbye, My Love, Goodbye", "My Friend the Wind", "My Reason", "Velvet Mornings", "Someday", dan "Lovely Lady of Arcadia". Orang tuanya adalah keturunan Yunani yang tinggal di Mesir. Lahir dan besar di Iskandariyah, ayah dan ibu mengajaknya pulang ke Yunani setelah terjadi Krisis Suez.

Di Athena, Demis yang waktu itu berusia 17 tahun bergabung dengan The Idols sebagai pemain gitar dan gitar bass. Pertengahan tahun 1960-an merupakan masa keemasan pariwisata Yunani. Demis bergabung dengan berbagai band lokal yang membawakan lagu Barat di hotel-hotel, antara lain sebagai pemain trompet dan gitar bass. Pertama kali Roussos menjadi vokalis adalah untuk band lokal We Five yang cukup dikenal di Yunani.

Sewaktu bermain di hotel, Roussos bertemu Vangelis yang kemudian menjadi sahabatnya. Grup progressive rock bernama Aphrodite's Child dibentuknya bersama Vangelis dan dua orang teman, Agyrilos Koulouris, dan Loukas Sideras. Mulanya Roussos hanya menjadi vokalis, tapi kemudian juga bermain gitar bass. Setelah merekam dua album pertama di Yunani, pada tahun 1968, Aphrodite's Child merekam singel "Rain and Tears" di Paris.

Aphrodite's Child bubar setelah merilis album terakhir 666. Bersama Vangelis, Roussos masih secara teratur membuat rekaman. Mereka berdua merilis album pada tahun 1970 dan Magic pada tahun 1977. Album disebut-sebut sebagai "album" milik Aphrodite's Child. Roussos dan Vangelis juga bekerja sama dalam "Race to the End", sebuah adaptasi vokal dari musik film Chariots of Fire. Dalam musik film Blade Runner (1982), Roussos ikut sebagai bintang tamu.

Roussos memulai karier solo dengan lagu "We Shall Dance". Awalnya kurang sukses, namun namanya mencuat pada tahun 1970-an berkat sejumlah album hit. Singel "Forever and Ever" sukses menduduki tangga album di beberapa negara pada tahun 1973, termasuk di Britania Raya pada tahun 1976. Ia pernah berduet bersama membawakan lagu "Lost in Love" dari Air Supply. Selain itu ia juga merekam lagunya dalam berbagai bahasa dunia.

Sejak lama Roussos selalu mengalami kelebihan berat badan. Bulan Juni 1980, berat badannya melonjak hingga 147 kg. Setelah menjalani diet selama 10 bulan, berat badannya turun 50 kg.[3] Sebuah buku tentang perjuangan melawan obesitas, A Question of Weight ditulisnya bersama seorang teman dekat, Veronique Skawinska.

Penyanyi asal Yunani, Demis Roussos, yang telah menjual lebih 60 juta album di dunia, meninggal pada usia 68 tahun di Rumah Sakit Hygeia, Athena. Dia terkenal lewat lagu solonya di tahun 1970-an dan 1980-an, termasuk Forever and Ever, Goodbye dan Quand je t'aime. Demis juga anggota kelompok rock progresif Aphrodite's Child. Di tahun 1977, Roussos berperan di film seri TV arahan sutradara Mike Leigh berjudul Abigail's Party dengan menyumbangkan sejumlah lagu.

Dia dirawat di rumah sakit swasta karena penyakit yang tidak diumumkan sejak beberapa waktu. Penyanyi Yunani, Nana Mouskouri, mengatakan lewat radio Prancis RTL, "Dia memiliki suara yang hebat, dia menjelajahi dunia...dia mencintai apa yang dilakukannya." Mouskori menambahkan Roussos adalah seorang seniman, seorang teman. Penyanyi yang nama aslinya adalah Artemios Ventouris Roussos tersebut lahir di Alexandria, Mesir, pada tahun 1946. Ayahnya warga Yunani, sementara ibunya orang Mesir asal Italia.