Thomas Lembong - Menteri Perdagangan

Biografi Profil Biodata Thomas Trikasih Lembong - Menteri PerdaganganThomas Trikasih Lembong atau lebih dikenal Tom Lembong adalah Menteri Perdagangan Republik Indonesia yang menjabat sejak 12 Agustus 2015, menggantikan Rahmat Gobel. Sebelumnya, Lembong menduduki sebagai Kepala Divisi Asset Management Investment di BPPN dan pernah bergabung dengan Farindo Investments. Selain itu ia juga merupakan salah satu mitra pendiri Quvat Capital, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang private equity. Sebagai bankir, ia pernah bergabung di Deutsche Bank dan Morgan Stanley.

Pendidikan : Ia mendapat gelar Bachelor of Arts di bidang arsitektur dari Harvard University pada tahun 1994
Prestasi : Young Global Leader (YGL) di World Economic Forum (Davos) pada 2008
Pengalaman Kerja : Kepala Divisi Asset Management Investment di BPPN, Presiden Komisaris PT Graha Layar Prima Tbk, Deutsche Bank
Morgan Stanley dan Farindo Investments

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Thomas Trikasih Lembong sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Rachmat Gobel. Jika tak diganti seperti Rachmat, dalam empat tahun ke depan, pria yang akrab dipanggil Tom ini akan mengurusi mengenai kuota ekspor dan impor nasional. Sebelum terpilih sebagai Menteri Perdagangan, Nama Tom bertarung dengan beberapa nama lain dalam bursa reshuffle. Sepak terjang Tom di sektor keuangan sudah lama. Nama Tom pernah juga muncul di bursa menteri saat Presiden Joko Widodo akan membentuk kabinet baru pada September 2014 lalu.

Namanya muncul untuk posisi Menteri Keuangan dan juga Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Nama Tom mulai dikenal saat divestasi saham PT Bank Central Asia (BCA). Saat itu, Tom menjabat sebagai Kepala Divisi Asset Management Investment di Badan Penyelamatan Perbankan Nasional (BPPN). Tom merupakan lulusan Harvard University pada 1994 program studi Architecture and Urban Design dengan gelar Bechelor of Arts. Saat ini dirinya menjabat sebagai CEO dan Managing Partner dari perusahaan ekuitas swasta terkemuka yang berfokus di Indonesia, yaitu Quvat Capital.

Lebih dari 11 perusahaan berada di bawah manajemen Quvat. Perusahaan-perusahaan tersebut bergerak di sektor kelautan, logistik, konsumsi, dan juga keuangan. Tom dinilai sebagai pribadi yang penuh pengalaman. Dia pernah bekerja di sejumlah perusahaan internasional seperti Morgan Stenley dari 1995 hingga 1996, Deutsche Bank, menjabat sebagai President Commissioner PT Graha Layar Prima (Blitzmegaplex) dan Farindo Investments. Tom juga pernah menyabet gelar Young Global Leader (YGL) pada ajang World Economic Forum pada 2008 di Davos, Swiss.

#Lihat pula : Profil dan Biodata Enam Menteri Dilantik Presiden