Biografi Jane Jacob - Aktivis Wanita Amerika

Biografi Profil Biodata Jane Jacob Biography - Wikipedia IndonesiaJane Jacobs terlahir dengan nama Jane Butzner lahir di Scranton, Pennsylvania, 4 Mei 1916 – meninggal di Toronto, 25 April 2006 pada umur 89 tahun adalah seorang wartawan, penulis buku, dan aktivis berdarah Amerika Kanada yang dikenal sebagai pemikir di bidang studi urban. Pemikiran tersebut tertuang dalam bukunya The Death and Life of Great American Cities yang terbit tahun 1961. Ia berpendapat bahwa pembaruan perkotaan tidak memikirkan kebutuhan bagi banyak penduduk yang tinggal di kota tersebut. Buku ini juga memperkenalkan konsep ilmu sosiologi dalam perencanaan seperti "mata jalanan" (eyes on the street) dan "modal sosial".

Jacobs juga dilkenal sebagai pencetus gerakan akar rumput untuk menentang penggusuran di permukiman tempat ia tinggal, Greenwich Village di New York City, Amerika Serikat di tahun 1950-1960-an. Penggusuran itu direncanakan dilakukan sebagai daerah pembangunan Jalan Bebas Hambatan Lower Manhattan yang membentang dari SoHo dan Little Italy. Pembangunan ini mengakibatkan beberapa blok dari Greenwich Village harus dihancurkan, termasuk 132 keluarga harus keluar dari lingkungan tempat tinggal mereka. Selain itu, 1.000 usaha kecil harus mengungsikan usahanya.

Ia pun tidak sepaham dengan Robert Moses, perencana kota setempat yang terlibat dalam pembangunan jalan bebas hambatan ini. Ia pun harus dipenjara pada 10 April 1968 karena dituduh menghasut kerusuhan, kejahatan kriminal dan menghalangi administrasi publik. Pada tahun 1968, Jacobs pindah ke Toronto, Kanada dan melakukan hal serupa dalam menentang Jalan Bebas Hambatan Spadina yang direncanakan dibangun di kota itu.