Biografi Rosario Castellanos Figueroa Penyair Meksiko

Biografi Profil Biodata Rosario Castellanos Biography Wikipedia IndonesiaRosario Castellanos Figueroa (25 Mei 1925 - 7 Agustus 1974) adalah seorang penyair dan penulis Meksiko. Seiring dengan anggota lain dari Generasi 1950 (penyair yang menulis setelah Perang Dunia II, dipengaruhi oleh César Vallejo dan lain-lain), dia adalah salah satu suara sastra paling penting Meksiko pada abad terakhir. Sepanjang hidupnya, ia menulis fasih tentang isu-isu penindasan, budaya, gender dan karyanya telah mempengaruhi teori feminis dan studi budaya. Meskipun dia mati muda, ia membuka pintu literatur Meksiko untuk perempuan, dan meninggalkan warisan yang masih bergema saat ini. Sebuah taman di Mexico City, yang terletak di borough (Delegacion) Cuajimalpa de Morelos dinamai nya.

Lahir di Mexico City, ia dibesarkan di Comitan dekat peternakan keluarganya di bagian selatan negara dari Chiapas. Dia adalah seorang gadis muda introvert, yang mengambil pemberitahuan dari penderitaan adat Maya yang bekerja untuk keluarganya. Menurut akun sendiri, dia merasa terasing dari keluarganya setelah peramal meramalkan bahwa salah satu dari dua anak ibunya akan mati tak lama, dan ibunya berteriak, "Tidak anak itu!" Nasib keluarga tiba-tiba berubah ketika Presiden Lazaro Cardenas memberlakukan reformasi tanah dan petani kebijakan emansipasi yang dilucuti keluarga dari banyak kepemilikan lahannya. Pada lima belas, Castellanos dan orang tuanya pindah ke Mexico City . Satu tahun kemudian, orangtuanya sudah meninggal dan dia meninggalkan untuk mengurus dirinya sendiri. Meskipun ia tetap introvert, dia bergabung dengan sekelompok intelektual Meksiko dan Amerika Tengah, banyak membaca, dan mulai menulis.

Dia belajar filsafat dan sastra di UNAM (Universitas Otonomi Nasional Meksiko ), di mana ia akan kemudian mengajar, dan bergabung dengan Lembaga Adat Nasional, menulis skrip untuk boneka menunjukkan yang dipentaskan di daerah miskin untuk mempromosikan keaksaraan . Ironisnya, Institut telah didirikan oleh Presiden Cárdenas, yang telah mengambil alih tanah keluarganya. Dia juga menulis kolom mingguan untuk surat kabar semakin tinggi. Selain karya sastra nya, Castellanos memegang beberapa jabatan pemerintahan. Dalam pengakuan atas kontribusinya untuk sastra Meksiko, Castellanos ditunjuk sebagai duta besar untuk Israel pada tahun 1971. Pada Agustus 1974 7, Castellanos meninggal di Tel Aviv dari kecelakaan listrik malang. Beberapa berspekulasi bahwa kecelakaan itu sebenarnya bunuh diri. Penulis Meksiko Martha Cerda, misalnya, menulis kepada wartawan Lucina kathmann, "Saya percaya dia melakukan bunuh diri, meskipun dia sudah merasa dia sudah mati untuk beberapa waktu.". Tidak ada bukti untuk mendukung klaim seperti itu.

Sepanjang karirnya, Castellanos menulis puisi, esai, satu bermain utama, dan tiga novel: semi-otobiografi Balun Canan dan Oficio de tinieblas (diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai Kitab Ratapan ) menggambarkan Tzotzil pemberontakan adat di Chiapas berdasarkan salah satu yang memiliki terjadi pada abad ke-19. Meskipun menjadi ladino - dari mestizo, bukan pribumi keturunan - Castellanos menunjukkan perhatian yang cukup dan pemahaman untuk nasib masyarakat adat. "Cartas sebuah Ricardo," kumpulan surat-suratnya kepada suaminya Ricardo Guerra diterbitkan setelah kematiannya sebagai adalah novel ketiga, Rito de iniciación. Rosario Castellanos kata dari surat-suratnya di Cartas sebuah Ricardo bahwa dia menganggap mereka otobiografinya. Rito de iniciación adalah dalam tradisi bildungsroman tentang seorang wanita muda yang menemukan panggilannya dari penulis.