Biografi Suzanne Lenglen - Petenis Perancis

Biografi Profil Biodata Suzanne Lenglen Biography - Wikipedia Bahasa Indonesia - Petenis Wanita PerancisSuzanne Rachel Flore Lenglen yang lahir 24 Mei 1899 dan meninggal 4 Juli 1938 adalah seorang tenis pemain Perancis yang memenangkan 31 gelar Kejuaraan antara 1914 hingga 1926. Dia mendominasi tenis putri dari akhir Perang Dunia I sampai 1926. Dia adalah wanita pertama selebriti tenis dan salah satu bintang olahraga perempuan internasional pertama yang dijuluki La Divine oleh pers Perancis. Lenglen mendapat 241 gelar, 181 kemenangan beruntun dan 341-7 (97,99%) catatan pertandingan yang sulit terbayangkan terjadi di atmosfer tenis hari ini.

Anak dari Charles dan Anaïs Lenglen ini lahir di Paris. Selama masa mudanya, dia menderita berbagai masalah kesehatan termasuk asma kronis yang juga melanda dirinya pada usia lanjut. Karena putrinya begitu lemah dan sakit-sakitan, Charles Lenglen pemilik sebuah perusahaan kereta, memutuskan bahwa itu akan baik baginya untuk bersaing di tenis dan memperoleh kekuatan. Percobaan pertamanya di pertandingan pada tahun 1910, ketika dia dimainkan di lapangan tenis di keluarga di Marest-sur-Matz. Gadis muda ini menikmati permainan, dan ayahnya memutuskan untuk melatih dirinya lebih lanjut dalam olahraga.

Biografi Profil Biodata Suzanne Lenglen Biography - Wikipedia Bahasa Indonesia - Petenis Wanita PerancisHanya empat tahun setelah tenis pertamanya, Lenglen bermain di final 1914 Kejuaraan Prancis, berusia hanya 14 tahun (turnamen terbuka hanya untuk anggota klub Perancis sampai 1925). Dia kalah dari juara bertahan Marguerite Broquedis di final 5-7, 6-4, 6-3. Pada tahun yang sama, ia memenangkan Kejuaraan Dunia digelar di Saint-Cloud. Ini membuatnya pemenang termuda dari kejuaraan besar dalam sejarah tenis, dia masih memegang rekor. Pecahnya Perang Dunia I pada akhir tahun menghentikan kompetisi tenis nasional dan internasional, dan karir Lenglen ini ditunda selama 5 tahun ke depan, sampai Wimbledon pada tahun 1919.

Pertama menjadi bintang tenis wanita untuk karir profesional, Lenglen dibayar US $ 50.000 oleh pengusaha Amerika Charles C. Pyle untuk tur Amerika Serikat dalam serangkaian pertandingan melawan Mary K. Browne pemenang Kejuaraan AS 1912-1914. Lenglen memilih untuk pensiun dari tenis kompetitif untuk menjalankan sebuah sekolah tenis Paris, yang ia didirikan dengan bantuan dan uang dari kekasihnya Jean Tillier. Sekolah, terletak di sebelah pengadilan Roland Garros, perlahan diperluas dan diakui sebagai pusat pelatihan federal oleh federasi tenis Perancis pada tahun 1936. Selama periode ini, Lenglen juga menulis beberapa buku tentang tenis.

Lenglen dikritik secara luas untuk keputusannya untuk menjadi profesional, dan All England Club di Wimbledon bahkan mencabut keanggotaan kehormatan dirinya. Lenglen, bagaimanapun, menggambarkan keputusan sebagai "pelarian dari perbudakan dan perbudakan". Pada bulan Juni 1938 Lenglen didiagnosis dengan leukemia dan hanya tiga minggu kemudian, dia menjadi buta. Juli 1938, pers Perancis mengumumkan bahwa Lenglen tiba-tiba menjadi sangat lelah dan beberapa hari kemudian dia meninggal karena anemia pernisiosa pada tanggal 4 Juli 1938. Dia dimakamkan di Cimetière de Saint-Ouen di Saint-Ouen dekat Paris.