Profil EXO BTS TWICE - Pemenang MAMA 2016

Biografi Profil Biodata sinopsis film Break the Silence EXO BTS TWICE dan Daftar Pemenang MAMA 2016Ajang penghargaan tahunan, Mnet Asian Music Awards (MAMA) digelar setelah melewati masa voting dan penilaian secara ketat. MNet Asian Music Awards 2016 digelar pada Jumat (2/12). Di perhelatan ke-18 yang berlangsung di Hongkong, MAMA 2016 kembali menghadirkan sejumlah musisi berbakat dari Korea dan Asia. Dan tahun ini sepertinya menjadi kemenangan besar bagi EXO yang kembali meraih penghargaan untuk kategori Album of the Year. EXO berhasil mencetak sejarah setelah menerima penghargaan yang sama sejak tahun 2013 silam.

Disusul oleh Bangtan Boys (BTS) dan TWICE yang berhasil membawa pulang masing-masing dua penghargaan. Sama seperti tahun sebelumnya, pertarungan MAMA 2016 terasa jelas antara Bangtan Boys dan EXO. Tak mau ketinggalan, Indonesia pun juga ikut berbangga hati atas terpilihnya Isyana Sarasvati sebagai salah satu Best Asian Artist Indonesia. Sebelumnya pada MAMA 2015, grup musik RAN telah lebih dulu memperoleh penghargaan yang sama. MAMA pun mengumumkan deretan pemenang dari tiap kategori maupun penghargaan spesial yang diberikan kepada mereka yang memang layak mendapatkannya.

EXO (Hangul: 엑소) adalah grup penyanyi pria Korea Selatan-Tiongkok yang berbasis di Seoul. Dibentuk oleh S.M. Entertainment pada tahun 2011, grup ini debut pada tahun 2012 dengan 12 anggota yang terbagi menjadi dua sub-grup, EXO-K dan EXO-M, di mana masing-masing sub-grup tersebut menyanyikan lagu dalam bahasa Korea dan Mandarin. EXO meraih puncak kepopuleran dengan dirilisnya album pertama mereka, XOXO (2013), yang menelurkan singel hit "Growl". XOXO sukses serta berhasil memenangkan penghargaan 'Disk Daesang' di Golden Disk Awards ke-28 dan 'Album Terbaik Tahun Ini' di Mnet Asian Music Awards ke-15.

Bangtan Boys (Hangul: 방탄소년단; RR: Bangtan Sonyeondan; bahasa Inggris: Bulletproof Boy Scouts) atau dikenal juga sebagai BTS adalah grup penyanyi pria asal Korea Selatan yang dibentuk oleh label rekaman Big Hit Entertainment. Grup ini beranggotakan tujuh orang, yakni Rap Monster, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V dan Jungkook. Mereka debut pada 13 Juni 2013 dengan singel "No More Dream" dari album pertama mereka, 2 Cool 4 Skool.

TWICE (Hangul: 트와이스; Teuwaisu), diformat menjadi TWICE, adalah girl grup k-pop mancanegara yang dibentuk JYP Entertainment melalui acara realitas SIXTEEN pada tahun 2015. TWICE terdiri dari sembilan anggota: Nayeon, Jeongyeon, Momo, Sana, Jihyo, Mina, Dahyun, Chaeyoung, dan Tzuyu. Mereka debut pada 20 Oktober 2015, dengan album mini The Story Begins.

Sederet bintang K-Pop papan atas pun hadir di acara ini, baik untuk menerima penghargaan maupun menampilkan performance yang menghibur seperti EXO, BTS, TWICE, GFriend, Seventeen, dan lain-lain. Bintang top dunia pun juga hadir seperti Wiz Khalifa dan Timbaland. Bintang drama dan film kelas A Korea juga hadir untuk menyerahkan penghargaan kepada para pemenang, mulai dari Han Hyo Joo, Park Bo Gum, Ha Ji Won, sampai Lee Byung Hun. Bagi yang ketinggalan atau tidak sempat menyaksikan tayangan Mnet Asian Music Awards 2016, simak daftar lengkap para pemenangnya.