Hadi Utomo - Ketum Partai Demokrat 2005-2010

Biografi Profil Biodata Hadi Utomo - Ketum Partai Demokrat 2005-2010 meeninggal dunia wafatHadi Utomo, M.M (lahir di Semarang, 15 Agustus 1945 – meninggal 15 Januari 2017 pada umur 71 tahun) adalah Ketua Umum Partai Demokrat periode 2005-2010. Ia merupakan lulusan Akabri angkatan 1970, dan pensiun dengan pangkat terakhir Kolonel. Ia juga pernah dikaryakan sebagai Kepala Dinas Tramtib Provinsi DKI. Hadi Utomo merupakan ipar dari Presiden Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono.

Dia lahir pada tanggal 15 Agustus 1945. Hadi Utomo merupakan salah satu kader Partai Demokrat (PD) yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Wakil Sekjen Dewan Pimpinan Pusat (DPP) pada tahun 2001 hingga 2005. Melalui Partai Demokrat, dia melenggang menjadi salah satu anggota dari jajaran wakil rakyat yang menduduki kursi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia periode 2004-2009. Meskipun begitu, dia pernah mengungkapkan kerelaannya untuk mencopot keanggotannya sebagai wakil rakyat DPR Republik Indonesia jika ia terpilih dan diangkat menjadi Ketua Umum Partai Demokrat. Pada tahun 2005 hingga 2010, dia terpilih dan menjabat sebagai Ketua Umum DPP Partai Demokrat.

Biografi Profil Biodata Hadi Utomo - Ketum Partai Demokrat 2005-2010 meeninggal dunia wafatSebelum menjabat sebagai wakil rakyat DPR-RI, dia berkecimpung di dunia kemiliteran. Hadi Utomo mulai bergabung dengan Akabri dimulai tahun 1970. Pangkat tertinggi yang ia dapatkan adalah sebagai seorang Kolonel, tepatnya Kolonel Infanteri Angkatan Darat (AD). Selanjutnya dia melanjutkan pendidikan kemiliterannya dengan bergabung dalam Sekolah Tinggi Hukum Militer pada tahun 1998. Pendidikan selanjutnya yang ia dapatkan mulai jauh berbeda jika dikaitkan dengan dunia kemiliteran, dia terdaftar sebagai mahasiswa dan lulus Strata 2 (S2) di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Widya Jayakarta jurusan Manajemen dengan gelar Magister pada tahun 2001.

Dia menikah dengan seorang wanita bernama Mastuti Rahayu, putri dari Sarwo Edhi Wibowo. Dibalik jabatannya sebagai wakil rakyat, namun seperti yang diungkapkan oleh seorang pengamat politik Darmawan Sinayangsah, Umar Hamdani (aktivis di Lembaga Studi Islam dan Kebudayaan, dan Nehemia Lawallata (tokoh GMNI Indonesia Timur) bahwa Hadi Utomo mungkin saja mempunyai peran dalam skandal Nazaruddin, tersangka kasus dugaan suap Wisma Atlet SEA Games di Jakabaring, Palembang.