Biografi Guillermo Haro - Astronom dari Meksiko

Biografi Profil Biodata Guillermo Haro - Astronom dari MeksikoGuillermo Haro (21 Maret 1913 - 26 April 1988) adalah seorang astronom Meksiko. Dia adalah orang pertama yang terpilih di Royal Astronomical Society dari negara berkembang. Dia digambarkan di Google Doodle pada 21 Maret 2018, memperingati ulang tahunnya yang ke-105. Pada tahun 1968 Haro menikah dengan wartawan dan penulis Elena Poniatowska dan bercerai pada tahun 1981, dengan siapa ia memiliki tiga anak: Emmanuel, Felipe, dan Paula. Dia sebelumnya bercerai dari istri pertamanya, Gladys Learn Rojas. Orang tuanya adalah Ignacio de Haro dan Leonor Barraza.

Haro lahir di Mexico City pada tahun 1913, di mana dia tumbuh selama masa Revolusi Meksiko. Ia belajar filsafat di National Autonomous University of Mexico (UNAM). Dia menjadi tertarik pada astronomi dan karena dedikasi dan antusiasnya dipekerjakan pada tahun 1943 sebagai asisten di Observatorio Astrofísico de Tonantzintla yang baru didirikan. Untuk mengejar pelatihan astronomi, dia mengunjungi AS dan bekerja dari tahun 1943 hingga 1944 di Harvard College Observatory.

Sekembalinya ke Meksiko pada tahun 1945, dia terus bekerja di Observatorio Astrofisico de Tonantzintla di mana dia bertanggung jawab atas komisioning 24-31 inci baru. Kamera Schmidt dan di mana ia terlibat dalam studi bintang yang sangat merah dan sangat biru. Pada tahun 1947 ia mulai bekerja untuk Observatorio de Tacubaya dari UNAM.

Guillermo Haro membuat banyak kontribusi untuk astronomi observasional, terutama dengan teleskop Tonantzintla Schmidt. Di antara mereka adalah deteksi sejumlah besar nebula planet ke arah pusat galaksi dan penemuan (juga secara independen dilakukan oleh George Herbig ) dari kondensasi non-bintang dalam awan kepadatan tinggi di dekat daerah-daerah pembentukan bintang baru-baru ini (sekarang disebut Herbig-Haro objek). Haro dan rekan kerja menemukan bintang suar di wilayah nebula Orion, dan kemudian di agregat bintang dari berbagai usia. Aktivitasnya yang intens yang mendeteksi bintang suar berlanjut sampai akhir hayatnya.

Proyek penelitian besar lainnya yang dilakukan oleh Haro termasuk daftar 8746 bintang biru dalam arah kutub galaksi utara yang diterbitkan bersama dengan WJ Luyten pada tahun 1961. Pekerjaan yang dibuat dengan Palomar Schmidt 48 inci menggunakan teknik gambar tiga warna yang dikembangkan di Tonantzintla . Setidaknya 50 dari benda-benda ini ternyata quasar (yang belum ditemukan pada tahun 1961). Daftar 44 galaksi biru Haro, yang disusun pada tahun 1956, merupakan pendahulu karya Benjamin Markarian dan yang lainnya dalam mencari galaksi semacam itu. Haro juga menemukan sejumlah bintang T Tauri , satu supernova , lebih dari 10 novae, dan satu komet.

Guillermo Haro sangat berpengaruh dalam pengembangan astronomi di Meksiko, tidak hanya berdasarkan penelitian astronomi sendiri namun juga dengan mempromosikan pengembangan institusi baru. Dalam aspek yang lebih penting ia mendefinisikan penelitian astrofisika modern di Meksiko di mana ia memberi impuls kepada berbagai jalur penelitian awal dan menetapkan kebijakan ilmiah umum. Pada tahun 1959 dia adalah orang pertama yang terpilih untuk Royal Astronomical Society dari negara berkembang. Di antara murid-muridnya adalah Silvia Torres-Peimbert dan Manuel Peimbert.