Hannah Höch ( bahasa Jerman: [hœç] ; 1 November 1889 - 31 Mei 1978) adalah seorang seniman Jerman. Dia terkenal karena pekerjaannya pada periode Weimar, saat dia menjadi salah satu pencetus photomontage. Photomontage, atau fotomontage, adalah jenis kolase di mana item yang disisipkan adalah foto aktual, atau reproduksi fotografi yang ditarik dari media cetak dan media yang diproduksi secara luas lainnya. Karya Höch dimaksudkan untuk membongkar dongeng dan dikotomi yang ada dalam konsep "Wanita Baru": seorang wanita yang energik, profesional, dan androgin, yang siap menggantikan tempatnya sebagai orang yang setara. Minatnya terhadap topik ini adalah bagaimana dikotomi disusun, dan juga siapa yang menyusun peran sosial. Tema utama lainnya dalam karya Höch adalah androgini, wacana politik, dan pergeseran peran gender. Tema-tema ini semua berinteraksi untuk menciptakan wacana feminis seputar karya-karya Höch, yang mendorong pembebasan dan agensi perempuan di Weimar Jerman dan hari ini.
"Fotomontras Höch menampilkan kekacauan dan pembakaran budaya visual Berlin dari perspektif perempuan" (Makholm). "Höch bukan hanya wanita langka yang tampil menonjol di bidang seni di awal abad ke-20 - yang hampir unik sebagai wanita yang aktif dalam gerakan Dada yang bersatu di zamannya - dia juga secara sadar mempromosikan gagasan tentang wanita yang bekerja. secara kreatif lebih umum di masyarakat. Dia secara eksplisit berbicara dalam karya seni perintisnya dalam bentuk photomontage isu gender dan sosok wanita dalam masyarakat modern "(The Art Story). Dalam montase ini, Höch mengumpulkan gambar dan teks dari bentuk media yang populer, seperti koran dan majalah, dan menggabungkannya dengan cara yang seringkali tak biasa, yang mampu mengekspresikan sikapnya pada masalah sosial penting pada masanya. Fakta bahwa gambar yang dia masukkan ke dalam potongannya ditarik dari surat kabar dan majalah saat ini yang memberinya pesan validitas.
Kekuatan karya berasal dari pemotongan dan rekonstruksi gambar yang disengaja. Ini menyinggung gagasan bahwa isu terkini dapat dilihat melalui berbagai lensa. Teknik ini pada mulanya dianggap sangat kiri dan revolusioner, namun pada tahun 1930an, teknik ini menjadi mode desain yang sesuai dengan modernitas dan konsumerisme. Dengan demikian mulailah gagasan bahwa budaya massa dan seni rupa bisa digabungkan dengan cara yang berarti. Ketidakjelasan dalam pekerjaannya merupakan bagian integral dari cara dia membahas masalah gender. Konstruksi gender yang rumit ini memungkinkan wanita untuk merangkul atribut maskulin dan feminin mereka. Hal ini menyebabkan rasa individualisme meningkat. Photomontage adalah bagian besar dari warisan Höch sebagai seniman.