Biografi Chespirito - Roberto Gomez Bolanos

Chespirito Biography Roberto Gómez Bolaños DiedRoberto Gómez Bolaños (21 Februari 1929 - 28 November 2014), [1] lebih dikenal dengan nya nama samaran Chespirito, adalah Meksiko skenario , aktor , komedian , sutradara film , sutradara televisi , dramawan , penulis lagu , dan penulis . Ia secara luas dianggap sebagai salah satu komedian Spanyol-bahasa yang paling penting dari abad ke-20. Dia secara internasional dikenal karena menulis, mengarahkan, dan membintangi Chespirito (1968), El Chavo del Ocho (1971), dan El Chapulin Colorado (1972) serial televisi. Karakter El Chavo adalah salah satu yang paling ikonik dalam sejarah televisi Amerika Latin, dan El Chavo del Ocho terus menjadi sangat populer, dengan pemirsa di seluruh dunia setiap hari rata-rata 91 juta pemirsa per episode.

Gómez Bolaños lahir di Mexico City . Ayahnya, Francisco Gómez Linares (c 1892 -. 7 September 1935), adalah seorang pelukis dan kartunis dari kota Guanajuato, Guanajuato , yang meninggal karena stroke pada usia 42 atau 43. Ibunya, Elsa Bolaños Cacho Aguilar ( 4 April 1902 - 22 Desember 1968), adalah seorang sekretaris bilingual (fasih dalam bahasa Spanyol dan Inggris) dari kota Oaxaca, Oaxaca , anak bungsu dari Ramón Bolaños Cacho, seorang dokter militer, dan nya Zacatecas -born istri, María Aguilar. Presiden Meksiko Gustavo Díaz Ordaz Bolaños adalah miliknya sepupu pertama sekali dihapus .

Sebelum menjadi seorang aktor, Gómez adalah amatir petinju . Ia belajar teknik di Universitas Otonomi Nasional Meksiko (UNAM). [6] Ia menulis sejumlah drama, dan memberikan kontribusi dialog untuk script film dan acara televisi di Meksiko, serta beberapa karakter bertindak pekerjaan sebelum ia menjadi terkenal. Nama panggungnya, "Chespirito", diberikan kepadanya oleh produsen selama tahun pertama Gómez Bolaños 'sebagai penulis, dan mengarang dari bentuk kecil dari pengucapan Spanyol dari nama William Shakespeare atau Shakespearito, yang berarti "kecil Shakespeare" .

Chespirito ditemukan sebagai aktor saat ia menunggu dalam antrean untuk melamar pekerjaan sebagai penulis, dan segera dia mulai menulis dan membintangi anak-anaknya acara komedi. [8] pertunjukan pertama Chespirito adalah Los Supergenios de la Mesa Cuadrada, sebuah sketsa komedi menunjukkan bahwa perdana pada tahun 1968; acara juga dibintangi Ramón Valdés , María Antonieta de las Nieves dan Rubén Aguirre Los Supergenios kemudian berganti nama menjadi Chespirito y la Mesa Cuadrada, dan kemudian Chespirito.; karakter seperti El Chavo, El Chapulin dan Dr. Chapatín diperkenalkan dalam acara ini (1972, 1970, dan 1968 masing-masing).

Peran dikenal terbaik berada di acara El Chavo dan El Chapulin Colorado . Kedua seri perdana pada tahun 1973, dan didasarkan pada sketsa dengan nama yang sama dari Los Supergenios. Menunjukkan diproduksi oleh jaringan TV Meksiko Televisa , dan ditayangkan di 124 negara. Menunjukkan lain yang dihasilkan oleh dan dibintangi Chespirito adalah singkat La Chicharra dari 1979, dan versi kedua Chespirito 1980-1995.

Di El Chavo, Chespirito memainkan anak 8 tahun yang sering berlindung di dalam hujan tong kayu di lingkungan Meksiko, [9] dan di El Chapulin Colorado ia bermain baik hati superhero yang terlibat dalam situasi lucu. The Simpsons pencipta Matt Groening mengatakan bahwa ia menciptakan Bumblebee Man karakter setelah menonton El Chapulin Colorado di sebuah motel di Amerika Serikat-Meksiko perbatasan. El Chavo dan El Chapulin Colorado telah menjadi ikon budaya di seluruh Amerika Latin dan Amerika Serikat , dan juga telah ditayangkan di banyak negara di seluruh dunia.

Chespirito juga tercatat sebagai komposer. Dia mulai menulis musik sebagai hobi, dan sebagian besar karya musik awal yang berhubungan dengan pekerjaan komedi, terutama ditampilkan dalam sesekali Chapulin Colorado atau Chavo del Ocho episode khusus. Kemudian karya termasuk lagu tema untuk berbagai film Meksiko dan telenovela , seperti alguna Vez Tendremos Alas dan La dueña. Sebuah lagu komedi oleh Chespirito, "Churi Churi Fun Flais", sedikit direferensikan oleh Puerto Rico rap duo Calle 13 dalam pasangan dengan sesama rapper Voltio , pada lagu mereka "Chulin Culin Chunfly" (yang menggunakan kata yang dibuat-buat "Culin" , referensi ke wanita bokong , di substitusi kedua "Churi").

Dia juga pencipta komedi teater Setelah y Doce (Eleven dan Dua Belas), komedi teater paling sukses dalam sejarah Meksiko; masih dimainkan sesekali. Pada 28 November 2014, Chespirito meninggal karena gagal jantung pada usia 85, di Cancún, Quintana Roo .