Profil dan Biodata Ferdinand Sinaga Pemain Sepakbola

Biografi Ferdinand Sinaga - Pemain Sepakbola PersibFerdinand Alfred Sinaga (lahir di Bengkulu, 18 September 1988; umur 26 tahun) merupakan seorang pemain sepak bola berkebangsaan Indonesia yang kini bermain di klub Persib Bandung. Dia dilahirkan di Bengkulu. Bertinggi badan 170 cm dan berat 65 kg. Berposisi sebagai penyerang. Kelebihan yang dia miliki yaitu kecepatan serta memiliki tendangan keras yang terarah. Dia juga dipangil oleh Rahmad Darmawan untuk memperkuat Indonesia U-23 di ajang Sea Games 2011. Saat ini ia juga dipanggil untuk memperkuat tim nasional Indonesia U-23 di ajang Asian Games 2014.

Nama lengkap Ferdinand Alfred Sinaga
Tanggal lahir 18 September 1988 (umur 26)
Tempat lahir Bendera Indonesia Bengkulu, Indonesia
Tinggi 1.70 m (5 ft 7 in)
Posisi bermain Penyerang
Informasi klub
Klub saat ini Persib Bandung
Nomor 17

Persib yang merupakan singkatan dari Persatuan Sepak Bola Indonesia Bandung adalah salah satu tim sepak bola Indonesia yang berasal dari Jawa Barat, khususnya wilayah Bandung. Catatan prestasi tim ini relatif stabil di papan atas sepak bola Indonesia, sejak era Perserikatan sampai ke Liga Indonesia masa kini.

Liga Super Indonesia (LSI) atau Indonesia Super League (ISL) adalah kompetisi sepak bola antar klub profesional level tertinggi di Liga Indonesia pada tahun 2008 hingga 2011. LSI diselenggarakan oleh PT Liga Indonesia (dahulu BLI) yang dimiliki oleh PSSI.

LSI dikuti 18 tim terbaik yang akan saling bertanding satu putaran penuh kompetisi 34 pertandingan, kandang dan tandang. Sistem operasi untuk setiap klub peserta dengan promosi dari dan degradasi ke Divisi Utama.

Musim kompetisi tidak menentu dan disesuaikan dengan kondisi atau suasana yang terjadi di Indonesia. Sponsor utama LSI adalah perusahaan rokok Djarum, oleh karena itu LSI secara resmi dikenal sebagai Djarum Indonesia Super League. Pada musim 2009–2010 AFC menobatkan Liga Super Indonesia adalah liga terbaik peringkat ke-8 se-Asia, dan liga terbaik se-Asia Tenggara.

Pada tahun 2011, setelah serangkaian kisruh dan kontroversi penyelenggaraan Liga Primer Indonesia, PSSI kemudian menggantikan LSI dengan Liga Prima Indonesia (IPL). Sebagian klub LSI yang tidak setuju dengan penyelenggaraan IPL kemudian tetap menyelenggarakanLiga Super Indonesia 2011–2012.


Ferdinand Sinaga resmi masuk daftar pemain Sriwijaya FC untuk kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim depan. Hal itu terungkap setelah presiden SFC Dodi Reza Alex, mengumumkan 23 pemain yang telah sepakat dengan tim berjulukan Laskar Wong Kito itu. Pengumuman itu dilakukan Dodi Reza melalui teleconference bersama manajemen tim yang juga dihadiri pelatih Benny Dolo dan awak media di Mess Pertiwi, Minggu (30/11) petang. Manajer SFC, Robert Heri, mengatakan inilah kejutan yang diberikan SFC. Karena dalam pemberitaan selama ini, nama pemain yang musim lalu membela Persib Bandung ini sama sekali tidak tersentuh oleh media.

"Komunikasi kami dengan Ferdinand sudah lama. Sejak pertandingan reguler ISL SFC lawan Persib di Jakabaring. Selanjutnya kami terus berkomunikasi, dan terakhir setelah final ISL di Palembang. Jajaran manajemen bertemu langsung untuk negosiasi dan itu terus dilakukan. Akhirnya baru tiga hari lalu deal," jelas Robert. Ferdinand sendiri dikatakan baru tiba di Palembang, Senin (1/12). "Besok dia berangkat pesawat pukul 11.20 WIB dari Bandung dan akan langsung lakukan medical check up," paparnya.

Selain Ferdinand, ada pula nama duo Papua Patrich Wanggai dan Titus Bonai. Di samping itu, ada pula nama mantan bek Persija Jakarta, Ngurah Nanak, serta bek Mitra Kukar, Zulkifli Syukur. Daftar 23 pemain Sriwijaya FC untuk Indonesia Super League (ISL) 2015: Kiper: Dian Agus Prasetyo, Yogi Triana, Teja Paku Alam - Bek: Abdoulaye Maiga, Zulkifli Syukur, M Fachrudin, Ngurah Nanak, Rishadi Fauzi, Wildansyah, Jecky Arisandi, Fathul Rahman. - Tengah: Morimakan Koita, Ferdinand Sinaga, Asri Akbar, Syakir Sulaiman, Anis Nabar, Alan Martha, Ichsan Kurniawan, Hapit Ibrahim. - Depan: Christian Vaquero, Titus Bonai, Patrich Wanggai, Rizki Dwi Ramadhana.