Sejarah Penemuan Gitar Fender dan Gibson

Penemu Gitar GibsonOrville H. Gibson lahir pada tahun 1856, di Chateaugay, New York adalah seorang luthier (ahli reparasi senar) yang mendirikan Gibson Guitar Corporation di Kalamazoo, Michigan pada tahun 1902. Ia ahli pembuat gitar, mandolin dan instrumen lainnya. Usahanya dimulai pada tahun 1894 di bengkel rumahnya di Kalamazoo, Michigan. Meski tanpa pelatihan formal, Orville mampu menciptakan desain yang inovatif bagi mandolin dan gitar, dengan headstock diukir dan melengkung seperti sebuah biola.

Berkat keahliannya Gibson dapat menciptakan sesuatu yang berbeda sehingga ia diberi hak paten pada desainnya. Pada awalnya, Orville membuat gitar dengan bahan baku dari lemari jati yang sudah tak terpakai, sehingga lebih keras dan lebih tahan lama daripada instrumen lain saat itu. akibatnya permintaan akan produknya banyak diminati oleh para musisi. Ide pembuatan gitar yang digagas Orville Gibson mendapat dukungan dari lima pengusaha Kalamazoo (nama perusahaan awal Gibson) dan membentuk Gibson Gitar Mandolin Mfg Co, Ltd, pada tahun 1902. Sejak tahun 1908, Orville Gibson digaji sebesar $ 500 oleh Gibson Mandolin-Guitar Manufacturing Co, Limited (setara dengan $ 20.000 per tahun dalam istilah modern).

Lima pengusaha yang memperkerjakan gipson sempat mengatakan sesuatu yang memaksa, mereka berkata kepada Gipson, "Orville H. Gibson akan dibayar hanya untuk waktu yang sebenarnya ia bekerja untuk Perusahaan.” Sesudah waktu itu, tidak ada indikasi yang jelas apakah ia bekerja di sana penuh-waktu, atau sebagai konsultan. Orville Gibson dianggap agak eksentrik, sehingga semua orang bertanya-tanya apakah selama bertahun-tahun ini ia menderita semacam penyakit mental atau tidak. Antara tahun 1907 dan 1911 Dia sering dirawat inap di rumah sakit. Pada tahun 1916, ia kembali dirawat di rumah sakit, dan meninggal pada 21 Agustus 1918 di St Lawrence State Hospital, rumah sakit jiwa di Ogdensburg, New York. Gibson dimakamkan di Pemakaman di Malone, New York.

Sejarah Gitar FenderFender Musical Instruments Corporation (FMIC) adalah produsen alat musik dan amplifier di AS, seperti gitar listrik yang berbentuk Stratocaster dan Telecaster. Prusahaan ini bertempat di Scottsdale, Arizona. Nama perusahaan ini sebelumnya bernama Elektrik Fender Instrumen Manufacturing Company, didirikan di Fullerton California oleh Clarence Leonidas "Leo" Fender pada tahun 1946. Leo Fender adalah salah satu perancang bass listrik solid-state yang sukses secara komersial, Bass (P-Bass) buatannya itu sangat Presisi yang telah menjadikannya dikenal di dunia musik rock, jazz, country, Motown, funk, dan jenis-jenis musik lainnya. Model Fender Presisi  dan Bass Jazz, sekarang dianggap sebagai standar yang pengukuran gitar bass listrik untuk yang lain. Sebenarnya Fender bukanlah yang pertama memproduksi gitar listrik, perusahaan lain dan luthiers telah menghasilkan gitar listrik sejak akhir 1920-an,  tetapi tidak ada yang sukses secara komersial seperti Fender.

Selain itu perusahaan ini juga membuat dan mendistribusikan gitar akustik, bass listrik, mandolin, banjo, dan biola listrik, serta amplifier gitar, amplifier bass, dan PA. Merek Fender lainnya adalah Squier (entry level / anggaran), Guild (gitar akustik, listrik dan amplifier), SWR (bass amplifikasi), Paspor Tacoma, Jackson, Charvel, Gretsch gitar dan berkolaborasi dengan Eddie Van Halen untuk membuat gitar EVH dan amplifier. Pada tanggal 11 Februari 1994 pabrik Fender yang berbasis di Ensenada Meksiko terbakar. Presiden Fender Bill Shultz memutuskan untuk pindah  produksi sementara ke pabrik Meksiko AS. Gitar Fender cukup langka dan dapat diidentifikasi dengan nomor seri yang unik. Pada tanggal 28 Oktober 2007, Fender mengumumkan niatnya untuk membeli Kaman Musik Korporasi. Instrumen Fender lainnya termasuk Mustang, Jazzmaster, Jaguar, Starcaster, Duo-Sonic, Toronado dan Bronco gitar, bass seperti Bass Jazz, ulang tersebut 'Telecaster Bass' yang asli 1950 Precision Bass, garis baja lap; tiga model dari biola listrik, dan Fender Rhodes piano listrik.

Perusahaan ini dimulai sebagai Fender Radio Service pada akhir 1938 di Fullerton, California yang didapat dari nama pendirinya yaitu Leo Fender. Sebagai teknisi elektronik yang berkualitas, Leo Fender telah diminta untuk memperbaiki radio, tidak hanya  itu tapi pemain fonograf, amplifier audio rumah, sistem alamat publik dan musik instrumen amplifier. Pada awal 1940-an ia telah bermitra dengan lokal elektronik antusias Clayton Orr "Doc" Kauffman dan bersama-sama mereka membentuk perusahaan K & F Manufacturing Corp untuk merancang, memproduksi, dan memasarkan alat-alat listrik dan amplifier. Setelah menjual perusahaan Fender, Leo Fender mendirikan Music Man pada tahun 1975, dan kemudian mendirikan Perusahaan G & L Musical Instruments, yang memproduksi gitar listrik dan bass berdasarkan desain di kemudian hari. Di balik nama Fender, Fender Alat Musik Corporation telah mempertahankan model lama Fender bersama dengan desain baru dan konsep.