Profil dan Biodata Dea HiVii - Dalila Azkadiputri

Biografi Profil Biodata Dea HiVii - Dalila AzkadiputriDalila Azkadiputri atau dikenal sebagai Dea HiVi! (lahir di Jakarta, 19 Oktober 1991; umur 26 tahun) adalah seorang penyanyi berkebangsaan Indonesia yang berdarah Minangkabau. Dia adalah mantan anggota dari Grup Musik HiVi! bersama dengan Ilham, Febri, dan Ezra sebagai salah satu vokalis. Pada bulan Maret 2016, wanita yang akrab disapa Dea, memutuskan untuk mengundurkan diri berkenaan dengan pendidikannya dan pengembangan karier pribadi. Saat ini Dea sekolah di Lassale College.

HIVI (Haivai) merupakan sebuah grup musik pop Indonesia yang dibentuk di Jakarta pada tahun 2009. Grup musik ini beranggotakan Nadhia Aleida (vokal), Ilham Aditama (vokal), Febrian Nindyo (vokal/gitar) dan Ezra Mandira (vokal/gitar). Grup musik ini bergenre pop. Band yang terbentuk tahun 2009 ini sudah menetaskan satu debut album yg diberi nama Say Hi! To HiVi! yang dirilis tahun 2012 oleh Universal Music Indonesia dengan single pertama yang berjudul "Indahnya Dirimu". Lagu yang diciptakan oleh Febrian Nindyo ini bercerita tentang sepasang remaja yang jatuh cinta pada pandangan pertama yang membuat mereka saling memuji satu sama lain.

Tema cinta memang sangat terasa di album ini, selain "Indahnya Dirimu", lagu lain seperti "Curi-Curi", "Selalu di hati", "Mata Ke Hati", "Orang Ketiga" dan satu lagu daur ulang milik band The Groove yang berjudul "Khayalan". Single-single dari album pertama yang menyusul adalah "Orang Ketiga", "Curi-Curi", "Mata ke Hati". Single-single mereka mendapatkan respon yang baik, terutama dari kalangan remaja dan penggemarnya yang diberi nama "HiFriends". Single "Orang Ketiga" dan "Curi-Curi" mendapatkan kesempatan menjadi soundtrack dari film "Cinta Brontosaurus" yang dibintangi oleh Raditya Dika.

Pada awal tahun 2014, mereka kembali merilis single berjudul "Heartbeat". Single pertama mereka dengan lirik berbahasa campuran (Inggris - Indonesia). Di akhir tahun, mereka mendapatkan kesempatan melakukan tur ke 4 negara di Eropa yakni Belanda, Perancis, Jerman dan Swiss untuk memperkenalkan budaya Indonesia ke negara tersebut. Dea mengundurkan diri pada Maret 2016 lalu, formasi HiVi! kembali lengkap. Soalnya, HiVi! punya vokalis utama baru bernama Nadhia Aleida alias Neida. Dengan formasi baru ini, HiVi! meluncurkan singel baru berjudul, Gadis Sampul,Apa Adanya,Remaja,Pelangi,Kereta Kencan dari album Kereta Kencan