Biografi Gaylord Nelson Pencetus Hari Bumi

Biografi Profil Biodata Gaylord Nelson Pencetus Hari BumiGaylord Nelson Anton (4 Juni 1916 - 3 Juli 2005) adalah seorang politisi Amerika dari Wisconsin yang menjabat sebagai Senator Amerika Serikat dan gubernur. Ia adalah pencetus Hari Bumi, yang meluncurkan gelombang baru aktivisme lingkungan. Nelson lahir di Clear Lake, Wisconsin pada tahun 1916. Ia dibesarkan di sana dan dididik di sekolah-sekolah Clear Lake publik. Pada tahun 1939, ia mengambil jurusan Ilmu Politik yang sekarang San Jose State University di San Jose, California.

Pada tahun 1942, ia menerima gelar dari University of Wisconsin Law School di Madison. Dia juga bertugas di Angkatan Darat Amerika Serikat, melihat aksi dalam kampanye Okinawa selama Perang Dunia II. Pada tahun 1948, ia terpilih menjadi anggota Senat Negara Bagian Wisconsin sampai 1958, ketika ia terpilih sebagai gubernur. Dia jadi Senat AS pada tahun 1962, mengalahkan pejabat lama Senator Alexander Wiley. Dia terpilih kembali pada tahun 1968 dan 1974, tapi menumbangkan oleh GOP calon Bob Kasten pada tahun 1980.

Ia terpilih gubernur Wisconsin pada tahun 1958, dan menjabat dua periode dua tahun sebelum berhasil menjalankan untuk Senat pada tahun 1962. Ia menjabat tiga kali masa jabatan sebagai senator dari tahun 1963 sampai 1981. Pada tahun 1963 ia meyakinkan Presiden John F. Kennedy untuk membahas isu-isu konservasi. Senator Nelson mendirikan Hari Bumi, yang dimulai tentang isu-isu lingkungan pada tanggal 22 April 1970.

Kehidupan setelah politik - Setelah kekalahan 1.980 Nelson untuk pemilihan ulang, ia menjadi konselor untuk The Wilderness Society pada bulan Januari 1981. Ia menerima Presidential Medal of Freedom pada September 1995 sebagai pengakuan atas karya lingkungannya. Nelson dilihat stabilisasi populasi bangsa sebagai aspek penting dari lingkungan hidup. Dia juga menolak anggapan bahwa pembangunan ekonomi harus didahulukan daripada perlindungan lingkungan: Ekonomi merupakan anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh lingkungan, bukan sebaliknya.

Pada tahun 2002 Nelson muncul di Untuk Katakan Kebenaran sebagai kontestan, dengan pendiriannya menyorot Hari Bumi. Dimulai pada tahun 1971 selama perjalanan ke La Grange, Georgia dia mempromosikan Hari tahunan kedua Bumi. Nelson meninggal karena kegagalan kardiovaskular pada usia 89 pada tanggal 3 Juli 2005. The Gaylord Nelson sebuah Lembaga Studi Lingkungan Hidup di University of Wisconsin-Madison dinamai menurut namanya sebagai pengakuan cintanya kepada alam. State Park Gubernur Nelson dekat Waunakee, Wisconsin, juga dinamai menurut namanya. Juga, sebuah sekolah dasar di Clear Lake Wisconsin bernama Pusat Pendidikan Gaylord Nelson.