Biografi Verghese Kurien - Bapak Revolusi Putih

Biografi Profil Biodata Verghese Kurien Biography - Bapak Revolusi Putih IndiaVerghese Kurien (26 November 1921 - 9 September 2012) adalah seorang pengusaha sosial India yang dikenal sebagai "Bapak Revolusi Putih" untuk 'ide miliar liter' nya (Operation Banjir) -. Program pembangunan pertanian terbesar di dunia ini merubah India dari negara kekurangan susu jadi produsen susu terbesar di dunia, melebihi Amerika Serikat pada tahun 1998, dengan sekitar 17 persen dari output global pada 2010-11, yang pada 30 tahun dua kali lipat susu yang tersedia untuk setiap orang.

Pertanian Dairy menjadi industri yang mandiri terbesar di India. Dia membuat negara swasembada minyak nabati juga nanti, mengambil minyak memasok lobi kuat dan mengakar. Ia mendirikan sekitar 30 lembaga keunggulan (seperti AMUL, GCMMF, IRMA, NDDB) yang dimiliki, dikelola oleh petani dan dijalankan oleh para profesional. Sebagai ketua pendiri Gujarat Koperasi Susu Pemasaran Federation (GCMMF), Kurien bertanggung jawab untuk penciptaan dan keberhasilan merek Amul produk susu.

Biografi Profil Biodata Verghese Kurien Biography - Bapak Revolusi Putih IndiaSebuah prestasi kunci di Amul adalah penemuan susu bubuk olahan dari susu kerbau (berlimpah di India), sebagai lawan yang terbuat dari susu sapi, susu di negara-negara produsen utama kemudian. Hal ini menyebabkan Perdana Menteri Lal Bahadur Shastri untuk menunjuk dia pendiri ketua Dewan Pengembangan Susu Nasional (NDDB) pada tahun 1965, untuk meniru "model Anand" Amul secara nasional.

Ia dianggap sebagai salah satu pendukung terbesar dari gerakan koperasi di dunia, karyanya telah mengangkat jutaan orang keluar dari kemiskinan di India, dan luar. Verghese menikah Molly dan mereka punya satu putri Nirmala Kurien dan cucu, Siddharth. [31] Verghese Kurien dikremasi pada 9 September 2012 setelah mantra singkat penyakit di Nadiad, dekat Anand di Gujarat, India. Dia 90. Istrinya Molly meninggal pada tanggal 14 Desember 2012 di Mumbai setelah sakit singkat.