Profil Pilot - Kopilot Super Tucano Jatuh di Malang

Biografi Profil Biodata Pilot - Kopilot Super Tucano Jatuh di MalangPesawat TNI AU jenis Super Tucano yang jatuh di Malang, Jawa Timur ternyata dipiloti oleh Mayor (Penerbang) Ivy Safatillah. Mayor Ivy merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 2000. Ia merupakan instruktur penerbang Skadud 21 Lanud Abdul Rachman Saleh, Malang. Pamen TNI AU ini memiliki dua orang anak laki-laki yang masih kecil.

Penerbang dengan call sign "Tiger Shark" ini dulunya merupakan pilot pesawat OV-10 Bronco. Dalam penerbangan hari ini, Mayor Ivy didampingi Copilot Saiful. Saat peristiwa nahas ini terjadi, sang pilot didampingi Copilot Saiful. Keduanya saat ini kondisinya tengah kritis.

Pesawat tempur jenis Super Tucano buatan Embraer System, Brazil yang jatuh menerjang rumah warga di Jalan LA Sucipto, Kota Malang, Rabu (10/2/2015) sekitar pukul 10.00 WIB. Ada 4 korban dalam kecelakaan tersebut. Mereka adalah Pilot Ifi Safatillah dan kopilot Saiful yang selamat dikabarkan mengalami luka-luka. Kedua awak pesawat itu menyelamatkan diri menggunakan kursi pelontar.

Seorang warga yakni Erna Wahyu Ningtyas, 48 merupakan warga sipil yang menjadi korban dibawa ke Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang. Erna merupakan istri dari Mujianto, pemilik rumah yang hancur dihantam pesawat jenis Super Tucano 1308 tersebut. Satu korban lagi bernama Nurcholis, 27, orang yang ngekos di rumah tersebut.