Abu Bakar Nataprawira - Ketua NasDem Banten

Biografi Profil Biodata ATeMas - Ahmad Taufik dan Mujtahid HashemIrjen Polisi (purn) Abu Bakar Nataprawira resmi menjabat sebagai Ketua DPW Partai Nasional Demokrat (NasDem) Provinsi Banten menggantikan Wawan Iriawan. Abu Bakar resmi ditunjuk oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh melalui Surat Keputusun (SK) Nomor 049-SK/DPP NasDem/III/2013 tanggak 5 maret 2013. Wawan Iriawan yang dipercaya menjabat sebagai Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Banten kini ditarik menjadi Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP NasDem.

Menurut Wawan, penunjukkan langsung pergantian ketua DPW NasDem Banten dilakukan lantaran dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) partai tidak diatur. "Pergantian ketua di DPW menjadi kewenangan ketua umum, jadi tidak perlu melalui muswil atau muscab," ujarnya. Ia berharap dengan ketua baru, tetap mampu membawa restorasi perubahan di Banten. "Selain itu kita harus rapatkan barisan untuk pemenangan Pemilu 2014," ujarnya

Ketua DPW Partai NasDem Banten, Irjen Polisi (Purn) Abu Bakar Nataprawira mengatakan, di bawah kepemimpinannya tidak akan ada paksi-paksi di partai. "Partai ini bukan milik si A, B, atau C, semuanya pengurus harus solid. Kita tidak ingin ada persaingan antar bacaleg, pesaing kita itu adalah partai politik lain," kata mantan Kadiv Humas Mabes Polri ini. Ia mengaku tidak khawatir dengan mundurnya sejumlah kader Partai NasDem baik di pusat atau di daerah. "Hilang satu akan tumbuh seribu. Ketua umum menargetkan secara nasional merekrut 150 juta kader baru," jelasnya.

Terkait isu bacaleg yang akan mendapat bantu dari DPP NasDem mulai Rp 5 miliar hingga 10 miliar tidak benar. Menurut Abu Bakar, yang benar adalah DPP akan membantu bacaleg dalam hal logistik, seperti bendera, kaos dan stiker. "Bantuan itupun tidak berbentuk uang," tegas Abu Bakar. Irjen Pol (Purn) Abubakar Nataprawira (65) meninggal dunia akibat kebakaran ruang tabung chamber Pulau Miangas Gedung Ruang Udara Bertekanan Tinggi (RUBT) lama RSAL Mintohardjo, Benhil, Jakarta Pusat. NasDem berduka atas berpulangnya Abubakar yang merupakan mantan Ketua DPW NasDem Banten.

"Kamu berbelasungkawa atas meninggalnya Pak Abubakar. Beliau adalah kader yang baik, yang bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas-tugasnya," kata Sekjen NasDem Nining Indra Saleh kepada wartawan, Senin (14/3/2016). Nining menuturkan rekan-rekannya di NasDem sudah siap melayat. Namun informasi soal keberadaan jenazah Abubakar masih belum jelas benar. "Ada yang bilang sekarang sedang dibawa ke RS Polri untuk autopsi. Sekarang kita masih mencari informasi, mungkin kami akan ke rumah duka," ujar mantan Sekjen DPR ini.

Abubakar sempat menjabat sebagai Ketua DPW NasDem Banten 2014-2019. Namun dia mengundurkan diri karena sakit. Saat ini Abubakar sudah tak lagi memiliki jabatan struktural di NasDem. Dalam insiden di RS Mintohardjo, ada empat korban meninggal. Selain Abubakar, ada juga Edi Suwardi Suryaningrat (67), dr Dimas Qadar Radityo (28) dan Dr Sulistiyo (54).