Biografi Ridwan Rasyid Adik Anies Baswedan

Biografi Profil Biodata Ridwan Rasyid Baswedan Wikipedia Meninggal DuniaRidwan Rasyid Baswedan, SE, MBA merupakan adik kandung Gubernur terpilih DKI Jakarta, Anies Baswedan. Ridwan lahir pada 11 Juli 1973 di Yogyakarta dan merupakan putra ketiga dari Alm. Drs. A Rasyid Baswedan SU dan Prof Dr Aliyah Alganis. Ridwan bekerja sebagai direktur di sebuah perusahaan teknologi. Beliau juga mendampingi serta mengatur kegiatan sepanjang perjalanan kampanye Gubernur DKI Jakarta untuk sang kakak, Anies Baswedan.

Ridwan merasa sakit pada 25 Februari 2017 saat dalam perjalanan menuju kegiatan sosialisasi mendampingi Anies Baswedan. Almarhum dirawat sejak 25 Februari 2017 karena serangan jantung dan berkelanjutan dengan komplikasi. Beliau meninggal dunia pada hari Sabtu, 27 Mei 2017 pukul 00.50 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Jenazah disemayamkan di rumah duka, di Jalan Gunuk Raya No 16A, Poltangan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Almarhum Ridwan disalatkan di Masjid Agung Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada pukul 12.00 WIB dan setelahnya dimakamkan di TPU Tanah Kusir.

Sang kakak, Anies Rasyid Baswedan, Ph.D. yang lahir di Kuningan, Jawa Barat, 7 Mei 1969; umur 48 tahun adalah seorang akademisi pendidikan Indonesia. Ia pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk Kabinet Kerja sejak 26 Oktober 2014 sampai digantikan oleh Muhadjir Effendy dalam perombakan kabinet pada 27 Juli 2016. Anies bersama Sandiaga Uno memenangkan pemilihan umum Gubernur DKI Jakarta pada 2017 setelah melewati dua putaran.

Diusung oleh Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera, pasangan ini menang atas 57,95% suara, dukungan tertinggi dalam pemilihan umum gubernur Jakarta. Anies akan memulai masa jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta pada Oktober 2017. Anies merupakan cucu dari pejuang kemerdekaan Abdurrahman Baswedan. Ia menginisiasi gerakan Indonesia Mengajar dan menjadi rektor termuda yang pernah dilantik oleh sebuah perguruan tinggi di Indonesia pada tahun 2007 saat menjadi Rektor Universitas Paramadina pada usia 38 tahun.