Biografi Abraham Ortelius Kartografer Ahli Geografi

Biografi Profil Biodata Abraham Ortelius Kartografer dan Ahli GeografiAbraham Ortelius (Ortels , Orthellius , Wortels ; 14 April 1527 - 28 Juni 1598) adalah seorang kartografer dan ahli geografi Flemish , yang secara konvensional diakui sebagai pencipta atlas modern pertama, Theatrum Orbis Terrarum ( Teater Dunia ). Ortelius sering dianggap sebagai salah satu pendiri sekolah kartografi Belanda dan salah satu perwakilan sekolah paling terkenal di jaman keemasannya (sekitar 1570-an 1670-an). Publikasi atlasnya pada 1570 sering dianggap sebagai awal resmi dari zaman keemasan kartografi Belanda. Ia juga diyakini sebagai orang pertama yang membayangkan bahwa benua-benua itu bergabung bersama sebelum hanyut ke posisi sekarang.

Pada 1564 ia menerbitkan peta pertamanya, Typus Orbis Terrarum , peta dinding berdaun delapan dunia, di mana ia mengidentifikasi Regio Patalis dengan Locach sebagai perpanjangan utara dari Terra Australis , mencapai sejauh New Guinea . Peta ini kemudian muncul dalam bentuk tereduksi di Terrarum (satu-satunya salinan yang masih ada sekarang di Perpustakaan Universitas Basel ). [4] Ia juga menerbitkan peta Mesir dua lembar pada 1565, rencana kastil Brittenburg di pantai Belanda pada 1568, peta delapan lembar Asia pada 1567, dan peta enam-lembar Spanyol sebelum penampilan atlasnya.

Biografi Profil Biodata Abraham Ortelius Kartografer dan Ahli GeografiDi Inggris, kontak Ortelius termasuk William Camden , Richard Hakluyt , Thomas Penny , ahli puritan kontroversial, William Charke , dan Humphrey Llwyd , yang akan menyumbangkan peta Inggris dan Wales ke edisi Ortelius edisi 1573 dari Theatrum. Pada 1578 ia meletakkan dasar dari perawatan kritis geografi kuno oleh Synonymia geographica (dikeluarkan oleh pers Plantin di Antwerp dan diterbitkan kembali dalam bentuk diperluas sebagai Thesaurus geographicus pada 1587 dan diperluas lagi pada 1596. Dalam edisi terakhir ini, Ortelius mempertimbangkan kemungkinan pergeseran benua , hipotesis terbukti benar hanya beberapa abad kemudian).

Pada 1596 ia menerima presentasi dari kota Antwerpen, mirip dengan yang kemudian dianugerahkan pada Rubens . Kematiannya pada 28 Juni 1598, dan penguburannya di gereja St. Michael's Abbey, Antwerp , ditandai dengan duka publik. Kultus yang tenang, sine lite, uxore, prole (artinya - “disajikan dengan tenang, tanpa tuduhan, istri, dan keturunan.”), Membaca tulisan di batu nisannya .