Joni Gala - Aksi Bocah Pemanjat Tiang Bendera

Biografi Profil Biodata Joni Gala - Video Aksi Heroik Si Pemanjat Tiang BenderaYohanes Andi Gala atau Yohanis Gama Marschal Lau yang biasa disapa Joni Gala adalah pelajar kelas 7 SMPN Silawan yang saat upacara peringatan HUT ke-73 RI di pantai Mota’ain, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto, Kabupaten Belu, NTT, Jumat (17/8/2018) menunjukkan aksi heroik memanjat tiang bendera dengan tinggi diperkirakan belasan meter. Yohanes Andi Gala melakukan hal itu demi mengibarkan bendera merah putih saat upacara HUT RI pada Jumat, 17 Agustus 2018 di perbatasan Timor Leste ini, karena tali pengngerek bendera lepas dan tersangkut di ujung atas tiang bendera tersebut. Aksi nekad Joni itu tanpa disuruh dan merupakan inisiatifnya sendiri. Bermodal keberanian, bocah ini nekat memanjat tiang bendera saat upacara khidmat itu nyaris gagal.

Dia menuturkan, saat upacara pengibaran bendera sedang berjalan, tiba-tiba dia merasa perutnya mules. Joni pun bergegas mencari obat di posko P3K di area upacara. Saat itulah, dia mendengar cerita petugas kesehatan soal insiden putusnya tali bendera. Tanpa berpikir panjang, Joni berlari ke depan menuju tiang bendera dan langsung beraksi. Tak butuh waktu lama, Joni sudah berada di puncak tiang bendera yang diperkirakan belasan meter itu. Aksi penyelamatan Joni itu langsung mendapat tepuk tangan dari seluruh peserta upacara. "Saya tidak rasa takut, yang di otak saya bagaimana merah putih bisa berkibar," kata Joni Gala.

Yang menjadi inspektur upacara bendera tersebut adalah Wakil Bupati Belu, JT. Ose Luan. Wabup JT. Ose Luan menyebut sikap Yohanes adalah hebat dan kejadian itu mengingatkan pada masa perjuangan para pejuang kemedekaan. Wabup JT. Ose Luan mengatakan,"Ini pahlawan kecil penyelamat kita pagi ini. Seorang anak pelajar yang menjadi penyelamat dalam upacara kemerdekaan. Terimakasih pahlawan kecil, kejadian ini menggugah saya tapi kau adalah pahlawan." Aksi Panjat Tiang Bendera oleh pelajar SMP di Kabupaten Belu Perbatasan RI-RDTL ini bikin merinding dan patut mendapat apresiasi setinggi-tingginya.

Joni Gala anak kesembilan dari pasangan Viktor Lino Fahik Marsal dan Lorensa Gama dan orang tua Joni Gala merupakan warga eks Timor-Timur yang memilih NKRI karena cintanya akan tanah air Indonesia. Berkat aksi heroik Johny Gala memanjat tiang bendera tersebut, Yohanes Andigala yang tinggal di RT 12/RW 05 Dusun Halimuti, Desa Silawan ini tak pernah menyangka dirinya bakal menjadi perhatian publik karena dia hanya spontan saja memanjat tiang bendera. Aksi nekat sang bocah ini diabadikan staf BNPP di Pos Lintas Batas Negara Terpadu (PLBN) Motaain. Videonya menjadi viral setelah diposting akun FB bernama Ika Silalahi.