Zaira Wasim - Mantan Aktris Bollywood India

Biografi Profil Biodata Zaira Wasim - Mantan Aktris Bollywood Berhenti Karir karena faktor AgamaZaira Wasim (lahir 23 Oktober 2000) adalah mantan aktris Bollywood yang pernah bekerja dalam film-film Hindi. Penerima berbagai penghargaan, termasuk Penghargaan Filmfare dan Penghargaan Film Nasional, Wasim merasa terhormat dengan Penghargaan Anak Nasional untuk Prestasi Luar Biasa oleh Ram Nath Kovind, Presiden India, pada sebuah upacara di New Delhi pada 2017.

Wasim memulai debut filmnya dengan peran pegulat Geeta Phogat dalam film biografi olahraga Dangal (2016), yang muncul sebagai film India terlaris tertinggi, menghasilkan lebih dari ₹ 2.000 crore (US $ 290 juta) di seluruh dunia. Dia menjadi terkenal dengan membintangi sebagai calon penyanyi dalam drama musikal Secret Superstar (2017), yang juga menempati peringkat di antara film-film India terlaris. Penampilannya di kedua film tersebut mendapatkan pujian kritisnya serta beberapa penghargaan, termasuk Penghargaan Film Nasional untuk Aktris Pendukung Terbaik untuk mantan dan Penghargaan Filmfare Critics untuk Aktris Terbaik untuk yang terakhir.

Zaira lahir dari keluarga Muslim di Kashmir dari Zahid dan Zarqa Wasim. Ayahnya bekerja sebagai Manajer Eksekutif di Srinagar dan ibunya adalah seorang guru. Dia menyelesaikan kelas sepuluh dari Akademi Internasional St. Paul di Sonwar, Srinagar di mana dia mendapat nilai 92 persen dalam ujian Dewannya. Dia adalah seorang Muslim yang taat jadi setelah menyelesaikan SMA dia meninggalkan karier aktingnya karena alasan agama. Pada Juni 2019, aktris itu mengumumkan akan meninggalkan industri Bollywood karena bertentangan dengan identitas dan kepercayaan agamanya.