Biography Sylvia Plath Penyair dari Amerika

Biografi Profil Biodata Sylvia Plath - Penyair AmerikaSylvia Plath (27 Oktober 1932 – 11 Februari 1963) adalah seorang penyair, novelis, cerpenis, dan eseis asal Amerika Serikat. Paling dikenal sebagai seorang penyair, Plath juga dikenal atas The Bell Jar, novel semi-autobiografinya yang menceritakan perjuangan melawan depresi. Plath dan Anne Sexton dianggap mengembangkan aliran puisi konfesional yang diciptakan Robert Lowell dan W.D. Snodgrass. Sejak kejadian bunuh dirinya, Sylvia Plath telah menjadi seorang ikon dan dianggap sebagai salah satu penyair terbesar pada generasinya.

Sylvia Plath adalah seorang penyair, penulis novel, dan penulis cerita pendek Amerika. Lahir di Boston, Massachusetts, dia belajar di Smith College dan Newnham College di University of Cambridge sebelum menerima pujian sebagai penyair dan penulis. Dia menikah dengan sesama penyair Ted Hughes pada tahun 1956, dan mereka tinggal bersama di Amerika Serikat dan kemudian di Inggris . Mereka memiliki dua anak, Frieda dan Nicholas , sebelum berpisah pada tahun 1962.

Plath secara klinis mengalami depresi selama sebagian besar masa dewasanya, dan dirawat beberapa kali dengan terapi electroconvulsive (ECT). Dia meninggal karena bunuh diri pada tahun 1963. Plath dikreditkan dengan memajukan genre puisi pengakuan dan terkenal karena dua koleksinya yang diterbitkan, The Colossus dan Other Poems and Ariel , dan The Bell Jar , sebuah novel semi-otobiografi yang diterbitkan tak lama sebelum kematiannya. Pada tahun 1982, ia memenangkan Hadiah Pulitzer anumerta untuk The Collected Poems .