Profil Biodata Ri Sol-ju istri Cantik Kim Jong Un

Biografi Profil Biodata Ri Sol-ju istri Cantik Kim Jong UnRi Sol-ju adalah istri pemimpin Korea Utara Kim Jong Un yang kehidupannya penuh misteri. Beberapa kali istri cantik sang pemimpin Korea Utara itu muncul mendampingi suaminya. Namun jarang informasi mengenai kehidupannya sebelum menjadi istri Kim Jong Un.

Ri lahir dari sebuah keluarga elite. Ayahnya adalah seorang profesor dan ibunya adalah seorang dokter. Selain itu, tidak ada data lainnya yang menyebut secara detail mengenai keluarganya.

Menurut laporan intelijen Korea Utara, Ri pernah sekolah menyanyi di China, berpartisipasi dalam orkestra Korea Utara, dan pernah berkunjung ke Korea Selatan pada 2005 sebagai salah satu anggota cheerleader dari Korea Utara.

Tidak ada yang tahu pasti mengenai usia Ri Sol-ju. Bahkan di laman Wikipedia, usia Ri Sol-ju adalah kisaran antara 30-35 tahun, kira-kira lahir tahun 1985-1989. Sehingga diperkirakan dia menikah dengan Kim Jong Un, ketika dia berusia 20-24 tahun.

Kim Jong Un dan Ri Sol-ju kabarnya menikah pada 2009 dan Ri melahirkan anak pertama pada 2010. Ayah Kim Jong Un, Kim Jong-il, mengatur pernikahan anaknya setelah dia stroke pada 2008. Meski menikah pada 2009, Ri Sol-ju pertama kali diidentifikasi sebagai istri dari Kim Jong Un pada Juli 2012.

Saat tampil di depan umum, Ri kerap menjadi perbincangan dalam berpakaian dan aksesori mewah. Ri sempat terlihat menenteng tas merek mahal. Kebiasaannya mendapat kritikan dari dunia internasional, yang menyebut masih banyak rakyat Korea Utara yang hidup miskin dan kelaparan.

Setiap kali tampil di hadapan publik, Ri selalu tampil stylish. Saat berkunjung ke China pada 2018, sejumlah rakyat China memuji penampilan sang Ibu Negara yang anggun dan cantik. Ri yang kerap berganti-ganti busana, bahkan selama dua hari berada di China, dia sampai tiga kali berganti busana.

Ri sempat hilang dari sorotan publik pada 2015, 2016, dan pada 2017 Ri tidak muncul di depan publik karena sedang hamil dan melahirkan anak. Ri Sol-ju dan Kim Jong Un memiliki tiga anak. Pertama laki-laki yang lahir 2010, anak kedua perempuan lahir 2013, dan anak bungsunya lahir 2017 perempuan.