Profil dan Biodata Kapten Pilot Sandy Permana

Biografi Profil Biodata Kapten Pilot Sandy Permana Pesawat Jatuh MedanKapten Sandy Permana menjadi pilot utama yang menerbangkan pesawat hercules A-1910 yang jatuh di Medan, Sumatera Utara, Selasa siang (30/6). Sandy merupakan siswa terbaik di Sekolah Komando Kesatuan Angkatan Udara Angkatan 97. Kapten Penerbang Sandy Permana, pilot Hercules C-130 yang jatuh di Medan, adalah prajurit TNI AU yang berprestasi. Dia dianugerahi gelar siswa terbaik Perwira Siswa (Pasis) Sekolah Komando Kesatuan TNI Angkatan Udara (Sekkau) Angkatan ke-97 pada 15 Juni 2015.

Sandy yang berasal dari Skadron Udara 32 Wing 2 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, dinobatkan sebagai siswa terbaik lantaran memiliki prestasi yang lebih baik dibandingkan 73 siswa lain yang juga lulus berbarengan dengan Sandy. Sandy mendapatkan piagam penghargaan yang diberikan langsung oleh Komandan Komando Pendidikan TNI Angkatan Udara (Dankodikau), Marsekal Muda TNI Ras Rendro Bowo. Dankodikau memberikan piagam dan ucapan selamat kepada Kapten Pnb Sandy Permana,S.E.,M.M. yang berhasil meraih siswa terbaik Pasis Sekkau A-97. Di Gedung Pramansala Ksatrian Sekkau Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Tak hanya menjadi siswa terbaik, ternyata Sandy pun memiliki jabatan Ketua Senat Pasis Sekkau Angkatan 97. Hal tersebut terlihat dalam artikel yang CNN Indonesia kutip dari laman TNI Angkatan Udara. Sandy memberikan ucapan terima kasih kepada kepada Komandan, Para Patun dan Seluruh Staf Sekkau serta Ketua beserta Pengurus PIA-AG Cabang 7 Gab II Sekkau yang selama ini pro-aktif mendukung pasis Sekkau Angkatan ke-97, dalam melaksanakan kegiatan Pendidikannya.

Sandy merupakan satu dari 12 prajurit TNI AU yang diketahui berada di pesawat hercules yang jatuh tersebut. Selain Sandy, ada Letnan Satu Pandu Setiawan sebagai Penerbang BR dan Letnan Dua Dian Sukma P sebagai Penerbang II yang mendampingi Sandy sebagai pilot. Selain ketiga prajurit yang bertugas sebagai pilot, ada juga Kapten Riri Setiawan selaku navigator, Serma Bambang, Peltu Ibnu Kohar, Pelda Andik, Peltu Ngateman, Peltu Yahya Komari, Pelda Agus, Prada Alfian, dan Pelda Parijo yang bertugas sebagai teknisi.

Dalam Penutupan Pendidikan Sekkau Angkatan ke-97 itu, Sekkau berhasil meluluskan 74 orang perwira siswa yang terdiri dari 70 orang perwira AU, termasuk di dalamnya 6 orang Wara, 2 orang perwira AD dan 2 orang perwira AL. Selain menjadi siswa terbaik Pasis Sekkau, Sandy juga merupakan ketua senat Pasis Sekkau Angkatan ke-97, demikian keterangan yang didapat dari situs TNI AU berjudul "Pasis Sekkau A-97 Adakan Syukuran dan Olahraga Bersama".

#Lihat pula :

Profil Lettu Pandu Setiawan Kopilot Pesawat Hercules
Daftar Nama Korban Pesawat Hercules Jatuh di Medan