Biografi Klas Ingesson - Manager dan Pemain Sepakbola

Biografi Klas Ingesson - Pemain dan Manager Sepakbola MeninggalKlas Inge "Klabbe" Ingesson yang lahir 20 August 1968 dan meninggal 29 October 2014 adalah seorang pesepakbola Swedia dan manager sepakbola. Dia berkarir di Eropa; Sweden, Belgium, Netherlands, England, Italy and France. Ingesson represented the Sweden national team on 57 occasions, termasuk the 1990 and 1994 FIFA World Cup, 1992 European Championship. Dia manager dari IF Elfsborg sejak 2013 - 2014 sampai kematiannya October 2014.

Manajer Klas Ingesson Meninggal di Usia 46 Tahun

Mantan gelandang internasional Swedia, Klas Ingesson, meninggal dunia pada usia 46 tahun karena kanker yang dideritanya cukup lama. Demikian pernyataan bekas klubnya, Elfsborg, Rabu (29/10/2014). "Klas Ingesson meninggal dunia pagi ini," kata klub tersebut dalam laman mereka. Ingesson, yang pernah 57 kali memperkuat timnas Swedia dan menjadi bagian tim saat Swedia berada di posisi ketiga pada Piala Dunia 1994 di AS, meninggalkan jabatannya sebagai pelatih Elfsborg pada Oktober lalu. Dia terserang kanker yang menyerang sel darah putihnya sejak 2009. Selama karier bermainnya, Ingesson pernah berkiprah di klub-klub Inggris, Perancis, Italia, Belgia dan Belanda. Dia mengawali kariernya di IFK Gothenberg.

Klub IF Elfsborg telah mengumumkan kematian manajer berusia 46 tahun mereka, Klas Ingesson, karena kanker. Ingesson, yang pernah bermain untuk klub Sheffield Wednesday Inggris selama dua tahun dalam karirnya sebagai pemain yang penuh warna dan di lima liga berbeda di Eropa, telah menderita multiple myeloma (kanker sumsum tulang belakang) sejak tahun 2009. Meskipun terkena penyakit yang tak tersembuhkan, mantan pemain internasional Swedia itu terus bekerja sebagai manajer dan membawa klub Allsvenska ini ke penampilan yang dinilai cukup sukses. Karena penyakit kankernya membuat tulang-tulangnya melemah, ia harus menggunakan tongkat bantu untuk berjalan di pinggir lapangan, dan akhir-akhir ini menggunakan bantuan sebuah kursi roda.

Dia tidak hadir saat timnya menang atas Helsingborgs IF dan merebut Piala Swedia setelah jatuh dari kursi rodanya ketika didorong di lapangan saat pertandingan liga sebelumnya. Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Elfsborg menyebut, “Ini adalah pernyataan yang sangat menyedihkan. Klas Ingesson pagi ini (Rabu) telah meninggal dunia.” “Simpati kami terhadap istri dan anak-anak yang ada bersama dengannya menjelang akhir hidupnya.” Klub menyelenggarakan sebuah upacara peringatan atas Ingesson, yang mengambil alih pekerjaan di Boras Arena pada tahun 2013.

Sebagai pemain, Ingesson adalah anggota dari tim Swedia brilian yang finish ketiga di Piala Dunia 1994, memenangkan 57 caps dan mencetak 13 gol. Karirnya bermain membawanya berkelana ke seluruh Eropa, dimulai dengan IFK Goteborg di Swedia sebelum beralih ke Belgia dan membuat lebih dari 100 penampilan bersama KV Mechelen. Berikutnya dengan PSV Eindhoven di Belanda, sebelum bergabung dengan Sheffield Wednesday. Dari sana ia pergi ke klub Italia Bari, kemudian Bologna, dan ia mengakhiri kariernya dengan Lecce tetapi sempat bermain di Prancis bersama Marseille. Sheffield Wednesday memuat sebuah foto saat dia membuat satu dari 21 penampilannya bagi mereka dengan sebuah pesan RIP terpasang.

Di tengah sakitnya, di tengah pertanyaan apakah ia bisa terus berperan sebagai pelatih tim, Ingesson menulis sebuah surat terbuka kepada fans klub, mengatakan, “Pembicaraan tentang kanker saya harus berakhir. Elfsborg dan saya memiliki perjanjian bahwa saya adalah manajer untuk tim pertama.” “Secara fisik dan mental saya tidak memiliki masalah untuk melakukan pekerjaan saya. Saya harus dinilai sebagai orang lain untuk menentukan apakah saya cukup baik untuk pekerjaan ini tapi kemudian saya harus dinilai berdasarkan pada kompetensi saya, bukan status fisik saya.” “Ini adalah hak setiap orang untuk dinilai oleh siapa sesungguhnya Anda dan apa yang Anda lakukan, bukan karena Anda memiliki penyakit atau cacat tertentu.”