Biografi Andika Perkasa - Komandan Paspampres

Biografi Andika Perkasa - Komandan PaspampresBiografi Muhammad Andika Perkasa - Komandan Paspampres Jokowi - Nama Andika Perkasa seketika ramai dibicarakan publik. Personel TNI berpangkat Brigjen itu disorot setelah dipilih Joko Widodo menjadi Komandan Paspampres. Yang menarik, Andika Perkasa adalah menantu tim sukses Jokowi-JK, Hendropriyono. Pria bernama lengkap Muhammad Andika Perkasa itu jadi Komandan Paspampres berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor: Kep/760/X/2014 tanggal 14 Oktober 2014.

Situs Wikipedia melansir, pria lulusan Akmil 1987 ini berpengalaman dalam Infanteri, Kopassus. Jabatan terakhir jenderal bintang satu ini adalah Kepala Dinas Penerangan TNI AD. Dia juga sempat menjalani pendidikan di Seskoad. Sebelum dipercaya menduduki dua jabatan itu, ayah dari Wiratama Akbar Perkasa itu duduk sebagai Danrindam Jaya pada 2011 dan Danrem 023/Kawal Samudera pada 2012. Panglima TNI Jenderal Moeldoko, menyatakan serah terima jabatan dari Danpaspampres Mayjen Doni Monardo ke Andika Perkasa akan digelar pada 23 Oktober. (okezone)

Jokowi Minta Menantu Hendropriyono Jadi Komandan Paspampres - Menjelang pergantian tampuk kepemimpinan, Panglima Tentara Nasional Indonesia Jenderal Moeldoko menunjuk Brigjen Andika Perkasa sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres). Penunjukan Andika yang merupakan menantu mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono itu ternyata atas permintaan presiden terpilih, Joko Widodo.

"Ya memang kami kan konsultasi kepada Pak Jokowi soal Komandan Paspampres. Nah, beliau langsung menunjuk nama Pak Andika," kata Moeldoko di Istana Negara, Rabu (15/10/2014). Posisi Danpaspampres sebelumnya diisi oleh Mayjen Doni Munardo yang dipromosikan sebagai Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Sementara Andika, sebelum menjadi Danpaspamres, bertugas sebagai Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat.

Moeldoko mengatakan, serah terima jabatan akan dilakukan pada 23 Oktober mendatang. "Karena saat kritis pergantian ini, nanti kalau diganti sekarang, pemahaman terhadap tugas kan masih belum matang ya, nah biar Pak Doni dulu," katanya. Andika Perkasa adalah lulusan Akmil 1987. Sejak lulus dari Akmil, Andika lebih banyak ditugaskan di jajaran Kopassus. Dia juga pernah bertugas di Kodiklat TNI AD dan Sekretaris Pribadi Kasum TNI. Mantan lulusan Universitas Harvard itu pernah bertugas sebagai Komandan Rindam Jaya hingga Danrem 023/Kawal Samudera, Sibolga, Sumatera Utara. Karier Andika melejit hingga akhirnya menjadi Kadispen TNI AD. (kompas)

Berita Sebelumnya, Berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor: Kep/871/XI/2013 tanggal 8 November 2013, tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI, 14 perwira tinggi (Pati) TNI telah ditetapkan alih jabatan dan salah satunya yang mendapatkan mutasi adalah Kolonel Inf Andika Perkasa, SE, MA, MSc, PhD yang menjabat Danrem 023/Kawal Samudera, Kodam I/BB menjadi Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad).

Panglima TNI, Jenderal TNI Moeldoko menyampaikan, bahwa dalam rangka pembinaan organisasi TNI dan optimalisasi tugas-tugas TNI yang sangat dinamis dan semakin berat ke depan, TNI terus melakukan upaya peningkatan kinerja TNI melalui alih tugas dan alih jabatan personil di tingkat Strata Perwira Tinggi (Pati) TNI sehingga kinerja TNI ke depan lebih optimal.

Dalam alih jabatan tersebut tercatat, 7 orang Pati TNI AD :
Mayjen TNI Burhdanuddin Siagian dari Pangdam I/BB menjadi Pati Mabes TNI AD ( dalam rangka pensiun ),
Mayjen TNI Istu Hari S, SE, MM dari Aspers Kasad menjadi Pangdam I/BB.
Brigjen TNI Jaswandi dari Kasdam VII/Wrb menjadi Aspers Kasad, Brigjen TNI Rukman Ahmad, SIP, dari Kadispenad menjadi Kasdam VII/Wrb,
Kolonel Inf Andika Perkasa, SE, MA, MSc, PhD dari Danrem 023/Ks Kodam I/BB (Sibolga) menjadi Kadispenad,
Brigjen TNI YA Sulardi dari Karoum Setjen Wantannas menjadi Pati MAbes TNI AD ( dalam rangka pensiun ),
Kolonel Inf Aries Suhardono, S SOs, MM dari Dirbinjianbang Akmil menjadi Bandep Lingkungan Strategi Nasional Setjen Wantannas.

4 orang Pati TNI AL :
Laksma TNI M. Atok Urrahman dari Kasarmabar menjadi Staf Khusus Kasal,
Laksma TNI A Taufiqoerrachman M, SE dari Wagub AAL menjadi Kasarmabar,
Laksma TNI Dedy Yulianto dari Danlantamal VII/Kpg Koarmatim menjadi Wagub AAL,
Kolonel Laut (P) Deddy Muhibah P, SH, MAP dari Sekdisdikal menjadi Danlantamal VII/Kpg Koarmatim.

3 orang Pati TNI AU :
Marsma TNI Supomo, SIP, MSc dari Bandep Lingkungan Strategi Nasional Setjen Wantannas menjadi Karoum Setjen Wantannas, Marsma TNI P Simamora, MSc dari Pa Sahli Tk. II Bid. Sosbud HAM Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AU ( dalam rangka pensiun ), Kolonel Pnb Abimanyu Heru Antono dari Sesdispotdirga menjadi Pa. Sahli Tk. II Bid. Sosbud HAM Panglima TNI. Keputusan Panglima TNI tersebut berlaku terhitung mulai tanggal 8 November 2013. (Talentnews)