Sejarah perkeretaapian sama seperti sejarah alat transportasi umumnya yang diawali dengan penemuan roda. Mulanya dikenal kereta kuda yang hanya terdiri dari satu kereta (rangkaian), kemudian dibuatlah kereta kuda yang menarik lebih dari satu rangkaian serta berjalan di jalur tertentu yang terbuat dari besi (rel) dan dinamakan sepur. Ini digunakan khususnya di daerah pertambangan tempat terdapat lori yang dirangkaikan dan ditarik dengan tenaga kuda. Penemuan Kereta api berawal dari sketsa model pertama dari kereta uap Inggris, atau lokomotif jalan, pada tahun 1784 oleh William Murdoch.
Kereta api berkembang setelah James Watt menemukan mesin uap, kemudian didikembangkan oleh penemu lainnya seperti:
Nicolas Cugnot membuat kendaraan beroda tiga berbahan bakar uap. Orang-orang menyebut kendaraan itu sebagai kuda besi.
Richard Trevithick membuat mesin lokomotif yang dirangkaikan dengan kereta dan memanfaatkannya pada pertunjukan di depan masyarakat umum. George Stephenson menyempurnakan lokomotif yang memenangi perlombaan balap lokomotif dan digunakan di jalur Liverpool-Manchester. Waktu itu lokomotif uap yang digunakan berkonstruksi belalang. Penyempurnaan demi penyempurnaan dilakukan untuk mendapatkan lokomotif uap yang lebih efektif, berdaya besar, dan mampu menarik kereta lebih banyak.
Penemuan listrik oleh Michael Faraday membuat beberapa penemuan peralatan listrik yang diikuti penemuan motor listrik. Motor listrik kemudian digunakan untuk membuat trem listrik yang merupakan cikal bakal kereta api listrik. Kemudian Rudolf Diesel memunculkan kereta api bermesin diesel yang lebih bertenaga dan lebih efisien dibandingkan dengan lokomotif uap. Seiring dengan berkembangnya teknologi kelistrikan dan magnet yang lebih maju, dibuatlah kereta api magnet yang memiliki kecepatan di atas kecepatan kereta api biasa. Jepang dalam waktu dekade 1960-an mengoperasikan KA Super Ekspress Shinkanzen dengan rute Tokyo-Osaka yang akhirnya dikembangkan lagi sehingga menjangkau hampir seluruh Jepang. Kemudian Perancis mengoperasikan kereta api serupa dengan nama TGV.
William Murdoch - Perancang konsep Kereta Api
William Murdoch (kadang-kadang dieja Murdock) (21 Agustus 1754 - 15 November 1839) adalah insinyur Skotlandia dan penemu jangka panjang. Murdoch bekerja pada perusahaan Boulton dan Watt di Cornwall , sebagai erector mesin uap selama sepuluh tahun, menghabiskan sebagian besar sisa hidupnya di Birmingham , Inggris. Murdoch adalah penemu mesin uap silinder berosilasi, dan pencahayaan gas yang dikaitkan dengannya di tahun 1790-an, juga istilah " gasometer ". Murdoch juga membuat inovasi untuk mesin uap. Ia menemukan pistol uap dan tabung pneumatik yang digunakan pada kapal uap dayung British untuk menyeberangi Selat Inggris. Murdoch membangun sebuah prototipe lokomotif uap pada tahun 1784 dan membuat sejumlah penemuan di bidang kimia. Murdoch tetap seorang karyawan dan kemudian mitra Boulton & Watt sampai 1830-an, dan reputasinya sebagai seorang penemu telah dikaburkan oleh reputasi Boulton dan Watt dan perusahaan yang mereka dirikan.
William Murdoch lahir di Lugar dekat Cumnock, East Ayrshire, Skotlandia, Ia adalah anak ketiga dari tujuh bersaudara. ayahnya adalah John Murdoch. Ia dididik sampai usia sepuluh di Sekolah Old Cumnock Kirk sebelum masuk sekolah Auchinleck. Murdoch unggul dalam matematika. Murdoch juga belajar prinsip-prinsip mekanika, eksperimen praktis dan bekerja di logam dan kayu dengan membantu dalam pekerjaan ayahnya. Bersama dengan ayahnya, ia membangun sebuah "kuda kayu" sekitar 1763. "Wooden Horse on Wheels" buatannya adalah sepeda roda tiga yang didorong oleh engkol tangan.
Pada tahun 1777, pada usia 23, Murdoch berjalan ke Birmingham, jarak lebih dari 300 mil (480 km), untuk meminta pekerjaan dengan James Watt , yang merupakan produsen mesin uap. Murdoch memulai karirnya dengan Boulton dan Watt dalam pola lokakarya mereka Soho Foundry, membuat pola untuk casting bagian mesin. Karir solo pertamanya adalah membuat mesin di Wanlockhead Mine, Murdoch membuat banyak perbaikan padastandar Boulton dan mesin Watt dengan mengatur kembali roda gigi untuk memungkinkan uap katup yang akan bekerja secara otomatis oleh aksi poros knalpot.
Inovasi lain dari Murdoch adalah penemuanny tahun 1799 yakni menyederhanakan dan membuat lebih efisien dari banyak roda uap dibandingkan dengan yang digunakan pada saat itu. Murdoch juga melakukan sejumlah eksperimen dengan udara terkompresi dan mengembangkan sistem pesan pneumatik pertama yang bekerja dengan menggunakan kompresi udara untuk mendorong pesan dalam silinder melalui tabung ke tujuan yang dimaksud. Murdoch juga menggunakan kompresi udara untuk membunyikan lonceng di rumahnya untuk mengumumkan pengunjung. Beberapa eksperimen dan penemuan kecil lainnya adalah: mesin yang dikembangkan pada tahun 1784 atau 1785 di Cornwall untuk pengeboran pipa kayu, (pada tahun 1810 ini dikembangkan dan dipatenkan untuk lebih lanjut batu pipa).
Sebuah penemuan penting oleh William Murdoch yang sedikit diketahui adalah model kerja pertama dari kereta uap Inggris, atau lokomotif jalan, pada tahun 1784. Insinyur Perancis Nicolas Joseph Cugnot telah menunjukkan kegunaan alat tersebut dengan membangun (dari 1769) dua kendaraan uap yang berukuran penuh, salah satu yang dirancang untuk membawa 4-5 ton . Semua yang diperlukan adalah desain yang lebih efektif.
Selain kerja mekanik nya Murdoch juga bereksperimen di bidang kimia dan membuat sejumlah penemuan. Salah satunya adalah
tahun 1784, semen besi yang terbuat dari sal amoniak, atau amonium klorida dan serbuk besi, ternyata ditemukan ketika Murdoch mengamati bahwa 2 komponen ini sengaja dicampur dalam tas peralatan dan membentuk suatu massa yang solid. Semen besi ini digunakan untuk memperbaiki dan mengeraskan sendi mesin uap, sehingga menciptakan segel keras dan tahan lama.
Penemuan lainnya, dan yang pertama dibuat paten diajukan pada 1791 oleh Murdoch adalah langkah pertama dalam pengembangan pewarna anilin dan coating. Pada 1795 Murdoch mengembangkan pengganti isinglass, endapan yang terbuat dari sturgeon yang digunakan dalam klarifikasi b!r untuk menghilangkan kotoran. Bahan Pengganti tersebut terbuat dari Cod kering dan jauh lebih murah. Penemuan Murdoch yang paling dikenal adalah aplikasi pencahayaan gas sebagai pengganti minyak dan lemak menghasilkan cahaya. Itu pada tahun 1792 ia pertama kali mulai bereksperimen dengan penggunaan gas, berasal dari pemanasan batu bara dan bahan lainnya, untuk penerangan. eksperimen tersebut diperkirakan terjadi antara 1792 dan 1794.
Murdoch menulis sebuah makalah, "Rekening Penerapan Gas dari Batubara ke Ekonomis Tujuan" yang telah disampaikan kepada Royal Society pada tahun 1808. Pada tahun itu ia dianugerahi mereka Rumford Medali Emas untuk "baik gagasan pertama penerapan, dan aplikasi yang sebenarnya pertama gas untuk tujuan ekonomis". Pada September 1830, kesehatan Murdoch menurun pada usia 76, kemitraan Murdoch dengan Boulton & Watt yang dimulai pada 1810 berakhir. Murdoch meninggal pada tahun 1839 saat berusia 85. Dia dimakamkan di St Gereja Mary, Handsworth .