Biografi Musschenbroek - Perintis Daya Listrik

Pieter van Musschenbroek Wikipedia Penemu Aatt PemuaianPieter (Petrus) van Musschenbroek lahir pada 14 Maret 1692 di Leiden, Belanda, dari keluarga pembuat perkakas rumah tangga. Ketika Petrus (Pieter’s) lahir kedua orangtuanya selalu membuat alat-alat fisika (pompa udara, mikroskop, dan teleskop) dan karena itulah dia menyukai ilmu sains. Dia belajar di Universitas Leiden (Leiden) dan memperoleh gelar dokter pada tahun 1715 dan ia berhasil meraih gelar doctor (Ph.D.) pada bidang sains murni (fisika).

Dia berkunjung ke Inggris pada tahun 1717 dan berjumpa dengan Isaac Newton. Sekembalinya ke Belanda, dia mendapat gelar guru besar di bidang sains dan matematika dari Universitas Duesberg (Duisburg) pada tahun 1719. Musschenbroek mengembangkan ide-ide Newton di Belanda. Dia diangkat menjadi guru besar (dari tahun 1721) di Universitas Duesberg, Utrecht, dan Leiden (dari tahun 1740—1761). Dia berhasil mengembangkan ilmunya di bidang sains (fisika) di Universitas Utrecht dan Universitas Leiden. Dia merupakan orang yang pertama kali mengembangkan penelitian sains tentang daya listrik dan alat-alat perlengkapannya. Pada 1729, dia sudah menjadi ahli fisika yang terkemuka dari ahli lainnya.

Pieter van Musschenbroek (14 Maret 1692 - 19 September 1761) adalah seorang Belanda ilmuwan . Dia adalah seorang profesor di Duisburg , Utrecht , dan Leiden , di mana ia memegang posisi di matematika , filsafat , obat-obatan , dan astrologi . Dia dikreditkan dengan penemuan pertama kapasitor tahun 1746: the botol Leyden . Dia melakukan pekerjaan perintis pada tekuk dari struts terkompresi. Musschenbroek juga salah satu ilmuwan pertama (1729) untuk memberikan deskripsi rinci dari mesin pengujian untuk ketegangan, kompresi, dan pengujian lentur. Sebuah contoh awal dari sebuah masalah dalam plastisitas dinamis digambarkan dalam 1739 kertas (dalam bentuk penetrasi mentega dengan tongkat kayu mengalami dampak oleh bola kayu).

Pieter van Musschenbroek lahir pada 14 Maret 1692 di Leiden , Belanda , Republik Belanda . Ayahnya adalah Johannes van Musschenbroek dan ibunya adalah Margaretha van Straaten. Van Musschenbroeks, berasal dari Flanders , tinggal di kota Leiden sejak sekitar tahun 1600. Ayahnya adalah alat pembuat, yang membuat instrumen ilmiah seperti pompa udara , mikroskop , dan teleskop. Van Musschenbroek menghadiri sekolah Latin sampai 1708, di mana ia belajar bahasa Yunani , Latin , Perancis , Inggris, Jerman Tinggi , Italia , dan Spanyol . Ia belajar kedokteran di Universitas Leiden dan menerima gelar doktor pada 1715. Ia juga mengikuti kuliah oleh John Theophilus Desaguliers dan Isaac Newton di London . Ia menyelesaikan studinya di filsafat pada tahun 1719.

Pada 1723, ia meninggalkan jabatannya di Duisburg dan menjadi profesor di University of Utrecht . Pada 1732 ia juga menjadi profesor di astrologi . Musschenbroek yang Elementa Physica (1726) memainkan peran penting dalam transmisi Isaac Newton gagasan 'dalam fisika ke Eropa. Pada November 1734 ia terpilih sebagai Fellow of the Royal Society. Pada 1739, ia kembali ke Leiden, di mana ia berhasil Jacobus Wittichius sebagai guru.

Sudah selama studinya di Universitas Leiden Van Musschenbroek menjadi tertarik pada elektrostatika . Pada saat itu, energi listrik sementara bisa dihasilkan oleh mesin gesekan tapi tidak ada cara untuk menyimpannya. Musschenbroek dan muridnya Andreas Cunaeus menemukan bahwa energi dapat disimpan, dalam pekerjaan yang juga terlibat Jean-Nicolas-Sébastien Allamand sebagai kolaborator. Aparat adalah botol kaca berisi air di mana batang kuningan telah ditempatkan; dan energi yang tersimpan dapat dibebaskan hanya dengan menyelesaikan sirkuit eksternal antara batang kuningan dan konduktor lain, awalnya tangan, ditempatkan dalam kontak dengan luar tabung. Van Musschenbroek dikomunikasikan penemuan ini untuk René Réaumur pada bulan Januari 1746, dan itu Abbé Nollet , penerjemah surat Musschenbroek itu dari bahasa Latin, yang bernama penemuan yang ' Leyden jar '.

Segera setelah itu, terungkap bahwa seorang ilmuwan Jerman, Ewald von Kleist , telah mandiri membangun sebuah perangkat yang mirip pada akhir 1745, tak lama sebelum Musschenbroek. Pada 1754, ia menjadi profesor kehormatan di Imperial Academy of Science di Saint Petersburg . [6] Ia juga terpilih sebagai anggota asing dari Royal Swedish Academy of Sciences pada tahun 1747. Van Musschenbroek meninggal pada 19 September 1761 di Leiden.