Profil dan Biografi Tokoh Ilmuwan Penemu Dunia

Profil dan Biografi Tokoh Ilmuwan Penemu DuniaSebagian besar aplikasi ilmu dan teknologi diawal abad 21 merupakan hasil penemuan mutakhir di abad 20. Sepanjang abad 20, telah terjadi perubahan teknologi yang sulit dibayangkan sebelumnya. Ada begitu banyak penemuan-penemuan ilmu dan teknologi yang telah mengubah dunia yang “kuno” pada awal abad 20 menjadi dunia serba canggih di abad 21. Apa saja teknologi abad 20 yang telah mengubah ini? Berikut 20 penemuan mengubah dunia :

1. Listrik
Hampir semua orang di dunia saat ini telah “terikat” dengan kebutuhan listrik. Tanpa listrik, kehidupan seolah-olah mati karena Listrik telah menjadi kebutuhan utama manusia. Tesla dianggap sebagai salah satu penemu terpenting dalam sejarah dan seorang teknisi terbesar akhir abad 19 dan 20. Tesla perintis elektromekanik, tanpa kabel dan daya listrik. Paten Tesla dan kerja teorinya merupakan dasar dari daya listrik arus bolak-balik modern termasuk distribusi daya polyphase, dan motor AC, yang ia umumkan pada Revolusi Industri Kedua.

Tahun 1887 membangun brushless awal motor induksi arus bolak-balik, menunjukkan kepada American Institute of Electrical Engineers (sekarang IEEE) pada tahun 1888. Pada tahun yang sama, mengembangkan prinsip dari kumparan Tesla, dan mulai bekerja dengan George Westinghouse di Westinghouse Electric & Manufacturing Company's Pittsburgh laboratorium. Westinghouse mendengarkan ide untuk sistem polyphase yang akan memungkinkan transmisi listrik arus bolak-balik jarak jauh.

Setelah demonstrasi komunikasi nirkabel melalui radio 1894, ia dihormati sebagai salah satu insinyur listrik terbesar yang bekerja di Amerika. Banyak dari karya awalnya dipelopori teknik elektro modern dan banyak penemuannya itu dari inovatif penting. Selain dari karyanya pada elektromekanis, elektromagnetik dan rekayasa, Tesla memberikan kontribusi dalam pembentukan robot, remote control, radar, ilmu komputer, perluasan balistik, fisika nuklir dan teori fisika.

2. Elektronika (Transistor dan IC)
Walter Houser Brattain adalah fisikawan Amerika Serikat yang menerima Hadiah Nobel Fisika 1956 untuk penemuan transistor bersama John Bardeen dan William Shockley. Bidang penelitiannya pada sifat permukaan benda padat berhubungan dengan emisi termionik dan lapisan teradsorpsi pada tungsten. Dia terus ke bidang-foto rektifikasi dan efek pada permukaan semikonduktor, yang dimulai dengan studi pembetulan pada permukaan oksida cuprous.

Dia terus dalam penelitian silikon dan germanium, fisika keadaan padat, efek-foto di permukaan bebas dari semikonduktor, penemuan transistor bersama-sama dengan Dr John Bardeen dan bekerja menuju pemahaman yang lebih baik dari sifat permukaan semikonduktor. Semua dilakukan pertama dengan Dr Bardeen kemudian dengan Dr CGB Garrett dan saat ini dengan Dr P. J. Boddy. Dua medali diterima bersama Dr John Bardeen, sebagai pengakuan atas pekerjaan mereka pada transistor.

3. Uji Coba Nuklir I (16 Jul 1945)
4. Robotika (mesin produksi, mesin pertanian)

5. TV dan Radio
Radio dan TV adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Gelombang ini melintas dan merambat lewat udara dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara).

Sejarah radio adalah sejarah teknologi yang menghasilkan peralatan radio yang menggunakan gelombang radio. Awalnya sinyal pada siaran radio ditransmisikan melalui gelombang data yang kontinyu baik melalui modulasi amplitudo (AM), maupun modulasi frekuensi (FM). Metode pengiriman sinyal seperti ini disebut analog. Selanjutnya, seiring perkembangan teknologi ditemukanlah TV dan Internet dan sinyal digital yang kemudian mengubah cara transmisi sinyal tersebut

6. Teknologi Nuklir (E=mc2)

7. Mesin Transportasi (mobil)
Kendaraan pertama tenaga mesin uap dibuat akhir abad 18. Nicolas-Joseph Cugnot mendemonstrasikan tahun 1769. Mobil tenaga bensin pertama kali dibuat di Britania pada tahun 1896 oleh Frederick William Lanchester. Paten mobil pertama di Amerika Serikat diberikan pada Oliver Evans pada 1789. Pada 1804 Evans mendemonstrasikan mobil pertamanya di AS, yang juga merupakan kendaraan amfibi pertama tenaga-uap yang berjalan di darat menggunakan roda dan di air menggunakan roda padel.

Nikolaus August Otto 1876 menciptakan mesin dengan empat dorongan pembakaran. Pembakaran bagian dalam mesin merupakan suatu hasil pemikiran yang cermat dan digunakan dalam gerakan mesin mobil. Penemu Siegfried Marcus (1875), Etienne Lenoir (1862) dan Nicolas Joseph Cugnot (1769) berhasil membikin model yang bisa bergerak. Karl Benz dan Gottlieb Daimler secara tersendiri membuat mobil praktis. Umumnya mobil pertama mesin pembakaran dalam yang menggunakan bensin dibuat hampir bersamaan pada 1886.
Garis-produksi skala besar pembuatan mobil dilakukan Oldsmobil pada 1902 dan dikembangkan oleh Henry Ford pada 1910-an. Dalam periode dari 1900 ke pertengahan 1920-an perkembangan teknologi otomotif sangat cepat. Pengembangan utama termasuk penyalaan elektronik dan self-starter elektronik oleh Charles Kettering untuk Perusahaan mobil Cadillac, suspensi independen dan rem empat ban. Pada 1930-an teknologi permobilan sudah diciptakan seperti pengemudian roda-depan diciptakan kembali oleh Andre Citroën dalam peluncuran Traction Avant 1934.

8. Komputer
Penemu Inggris Charles Babbage menyelesaikan prinsip pemakaian umum komputer digital seabad penuh sebelum perkembangan besar-besaran mesin hitung elektronik terjadi. Mesin yang dirancangnya diberi nama "mesin analitis" pada pokoknya mampu melaksanakan apa saja yang bisa dilakukan kalkulator modern (meski tidak sama cepatnya, karena "mesin analis" bukanlah dirancang untuk bertenaga listrik).

Tahun 1937, tulisan Babbage menjadi perhatian Howard H. Aiken, sarjana tamatan Harvard. Aiken yang sedang mencoba menyelesaikan rancangan mesin komputer, tergerak banyak oleh gagasan Babbage. Bekerjasama dengan IBM, Aiken sanggup membuat Mark I, komputer pertama untuk segala keperluan. Tahun 1946, kelompok insinyur dan penemu lain menyelesaikan ENIAC, mesin hitung elektronik pertama.

Sejak saat itu, kemajuan teknologi komputer berkembang dengan derasnya. Mesin hitung punya pengaruh begitu besar di dunia, malahan akan menjadi lebih penting lagi di masa-masa depan. Sumbangan pikiran Babbage, Aiken, John Mauchly dan J.O. Eckert (merupakan tokoh utama dalam perancangan ENIAC), cukup berpengaruh terhadap perkembangan komputer yang sangat pesat ini.

9. Internet
Internet telah membuat revolusi dunia komputer dan dunia komunikasi yang tidak pernah diduga sebelumnya. Penemuan telegram, telepon, radio, dan komputer merupakan rangkaian kerja ilmiah yang menuntun menuju terciptanya Internet yang lebih terintegrasi dan lebih berkemampuan dari pada alat-alat tersebut. Internet memiliki kemampuan penyiaran ke seluruh dunia, memiliki mekanisme diseminasi informasi, dan sebagai media untuk berkolaborasi dan berinteraksi antara individu dengan komputernya tanpa dibatasi oleh kondisi geografis.

Internet merupakan sebuah contoh paling sukses usaha investasi yang tak pernah henti dan komitmen untuk melakukan riset berikut pengembangan infrastruktur teknologi informasi. Dimulai dengan penelitian packet switching (pensaklaran), pemerintah, industri dan para civitas academica telah bekerjasama berupaya mengubah dan menciptakan teknologi baru yang menarik ini. Hari ini, kata-kata seperti "bleiner@computer.org" dan "http://www.acm.org" sudah menjadi kebiasaan yang mudah diucapkan orang di jalanan.

10. Pesawat Terbang
Berabad lamanya terbang itu sudah menjadi impian manusia. Mereka kepingin melayang di langit dengan permadani terbang seperti dalam dongeng-dongeng Seribu Satu Malam, impian yang berada jauh dalam jangkauan. Si genius Wright bersaudaralah yang telah mewujudkan mimpi itu jadi kenyataan, betul-betul terbang dengan pesawat dan bukannya bersila di atas permadani dongeng sambil mengisap "hoga" yang tiga hasta panjangnya.

Kakak-beradik ini asyik menekuni karya-karya peminat aeronautik lain seperti: Otto Lilienthal, Octave Chanute dan Samuel P. Langley. Di tahun 1899 mereka mulai bekerja ke arah penerbangan sendiri. Pada bulan Desember 1903, sesudah kerja keras selama empat tahun lebih sedikit, hasil usahanya berhasil dengan gemilang.

Wright bersaudara adalah penemu pesawat terbang. Tak bisa dibantah penemuannya merupakan fenomena sejarah yang penting, baik dalam hal penggunaan untuk tujuan damai maupun perang. Hanya dalam tempo puluhan tahun sesudah itu, pesawat terbang telah membikin dunia kita ini begitu ciut bahkan ruang angkasa pun rasanya bisa disentuh jari. Dan lebih jauh dari itu, penemuan pesawat terbang bermuatan manusia merupakan pemula dan pembuka jalan bagi penerbangan di angkasa luar.

11. Telepon dan Seluler
Di Boston, Massachusetts 1875 Graham Bell membuat percobaan yang mengarah pada penemuan telepon. Tak lama sesudah patennya diterima Bell mempertontonkan telepon di pameran 100 tahun kota Philadelphia. Penemuannya menarik perhatian besar publik dan mendapat penghargaan atas hasil karyanya. Bulan Juli 1877 Bell mendirikan perusahaan, nenek moyang dari American Telephone and Telegraph Company. Sakarang ini AT & T merupakan perusahaan bisnis yang terbesar di dunia.

Pengaruh penemuan Bell terletak pada penilaian besar kecilnya makna telepon itu sendiri. Pengaruh itu besar sekali karena tak banyak penemuan yang begitu luas digunakan orang dan begitu besar pengaruhnya dalam kehidupan sehari-hari. Metode pokok menyalurkan kembali suara yang dirancang Bell buat penerima telepon belakangan di ambil alih, berkembang dan digunakan oleh penerima radio, piringan hitam dan pelbagai rupa peralatan lainnya.

12. Rekayasa Pertanian dan DNA (termasuk kloning)

13. Perminyakan
Pengeboran minyak bumi komersial pertama di dunia ketika Edwin L Drake dengan perusahaannya Senca Oil Company menemukan minyak di Titusville Amerika. Ia berhasil mengeluarkan minyak dari dalam bumi. Sumur ini dibuatnya di tengah kawasan pertanian di barat laut Pennsylvania. Sumur minyak pertama ini dikenal dengan nama The Drake Well dan keberhasilan pengeboran minyak pertama ini memulai eksplorasi minyak di seluruh dunia.

Drake terkenal mempelopori metoda baru memproduksi minyak dari tanah Ia memasang pipa jalur pencegah lubang bor roboh untuk menembus lebih lanjut ke dalam tanah. Langkah penting yang Drake ambil adalah memandu pipa besi sampai ke dalam batu cadas. Prinsip gagasan ini masih dilakukan sampai sekarang oleh banyak perusahaan pengeboran hidrokarbon dan Drake Well di Titusville adalah sumur yang pertama secara luas ditiru.

14. Teknologi Luar Angkasa (satelit dan spacecraft)
15. AC dan Kulkas
16. Rekayasa Material (material bangunan dan kerangka mesin)
17. Teknologi Kesehatan (laser, IR, USG)
18. Fiber Optic

19. Fotografi (kamera, video)
Louis Jacques Mande Daguerre 1837 berhasil mengembangkan sebuah sistem praktis fotografi yang disebut "daguerreotype." Tahun 1839 Daguerre memberitahu publik secara terbuka penemuannya yang menimbulkan kegemparan, sementara metode "daguerreotype" dengan cepat berkembang menjadi hal yang digunakan oleh umum.

Tak banyak penemuan teknologi yang begitu banyak digunakan awam seperti halnya fotografi. Dia digunakan di hampir tiap bidang penyelidikan ilmu, industri dan militer. Sarana yang vital dan hobby di kalangan rakyat biasa dan berjuta orang. Fotografi ambil bagian dalam penyebaran penerangan, bidang pendidikan, jurnalistik dan iklan.

Tahun 1839 William Henry Talbot telah mengembangkan metode fotografi lewat cara pencetakan negatif, seperti dilakukan orang sekarang ini. Tahun-tahun sesudah Daguerre dan Talbot, beruntun dilakukan orang pelbagai penyempurnaan: proses lembaran basah, proses lembaran kering, rol film modern, film berwarna, film bioskop, polaroid dan xerografi.

Tak ada sistem yang paling praktis patut dipakai sebelum Daguerre dan paling diterima secara luas. Lebih dari itu, penyiaran yang luas dari hasil penemuannya merupakan daya dorong buat penyempurnaan selanjutnya. Sinematografi merupakan perkembangan berikutnya yang punya arti penting dan merupakan sarana hiburan yang tak bisa diabaikan juga sama banyak digunakan setara dengan foto "diam"

20. Teknologi Peralatan dan Perlengkapan Rumah Tangga