Profil Biodata Sarpin Rizaldi Hakim Sidang BG

Profil Biodata Sarpin Rijaldi Hakim Sidang BG vs KPKSarpin Rizaldi adalah hakim ketua pimpinan sidang praperadilan Budi Gunawan yang kini menjadi sorotan, setelah didaulat sebagai hakim yang memimpin sidang praperadilan penetapan tersangka Komjen Budi Gunawan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel).

Dalam beberapa berita yang berhasil dihimpun, sosok Sarpin Rizaldi sempat dianggap kontroversial. Sebelum berkarir di PN Jaksel, Sarpin pernah menjadi Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bukittinggi dan Ketua Pengadilan Negeri Binjai. Dia juga pernah bertugas di Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Salah satu kasus mencolok yang pernah ditanganinya di PN Jaktim adalah pembunuhan artis Alda Risma pada 2009 silam. Ferry Surya Perkasa yang saat itu duduk di kursi pesakitan divonis 15 tahun penjara oleh majelis hakim, yang salah satu anggotanya adalah Sarpin Rizaldi.

Soal kekayaan menurut Detik, Sarpin Rizaldi baru dua kali melaporkan LHKPN tahun 2002 dan 2009. Tahun 2002 dia melaporkan kekayaan sebesar Rp 739.837.870 dan pada tahun 2009 sebesar Rp 1.279.866.843. Sejumlah putusan kontroversial mewarnai perjalanan karir Sarpin. Indonesia Corruption Watch (ICW) dan Tim Advokasi Anti Kriminalisasi (Taktis) mengaku pernah memiliki 3 temuan putusan hakim Sarpin yang dinilai kontroversial.

“Salah satunya kasus dengan terdakwa Raja Donald Sitorus di Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim) pada tahun 2008” ungkap anggota LSM Taktis, Bahrain beberapa waktu lalu.

Dalam persidangan kasus itu, Sarpin bertindak sebagai ketua majelis. Namun saat putusan, vonis diketok oleh hakim Jalili yang statusnya sebagai hakim anggota. Vonisnya dianggap janggal karena terdakwa dengan barang bukti 180 gram hanya divonis 5 tahun penjara atau setengah dari tuntutan jaksa yaitu 10 tahun.

Pada tahun 2009, Sarpin pernah membebaskan terdakwa korupsi di PN Jaktim. Dia membebaskan Camat Ciracas M Iwan dalam kasus dugaan korupsi Rp 17,9 miliar. Padahal jaksa menuntut 7 tahun penjara. Pada tahun 2014, Sarpin juga pernah dilaporkan ke KY terkait putusannya dalam perkara sengketa paten ‘Boiler 320 Derajat Celcius’ di PN Medan.

Rencananya PN Jaksel akan menggelar putusan sidang praperadilan terhadap gugatan Komjen Budi Gunawan terkait penetapan statusnya sebagai tersangka oleh KPK hari ini, Senin 16 Februari 2015. Dengan segala kontroversi itu, Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto masih meyakini hakim Sarpin akan menjaga integritasnya dalam persidangan praperadilan Komjen Budi Gunawan. - Merdeka