Biodata Zendaya - Aktris, Penyanyi dan Penari

Zendaya BiographyZendaya Maree Stoermer Coleman (lahir 1 September 1996; umur 18 tahun), dikenal hanya sebagai Zendaya, adalah seorang aktris Amerika, penyanyi dan penari. Dia mulai tampil pada usia muda dengan kelompok tari Future Shock Oakland, California Shakespeare Theater, dan sebagai bagian dari studinya di Oakland School for the Arts dan CalShakes Conservatory Program. Sementara masih di awal remaja, dia memulai karir hiburan, lulus dari pemodelan dan bekerja untuk Macy's dan Old Navy untuk tampil dalam video untuk versi Kidz Bop dari singel hit Katy Perry "Hot n Cold."

Akhir tahun 2009, ia mengikuti audisi untuk serial Disney Channel yang pada akhirnya dikenal sebagai Shake It Up, mendaratkan peran Rocky Blue. Beberapa lagu yang ia tampilkan di acara yang dirilis sebagai singel, termasuk pada singel 2011 "Watch Me," duet dengan rekan bintang Bella Thorne yang berada di nomor 86 pada Billboard's Hot 100. Pada tahun itu, ia juga merilis singel promosional "Swag It Out." Zendaya melanjutkan kesuksesan Shake It Up dengan menjadi presenter Make Your Mark: Ultimate Dance Off 2011 dan berperan dalam film Disney Channel 2012 Frenemies. Pada tahun itu, lebih dari beberapa lagu Zendaya telah ditampilkan di musim kedua dari Shake It Up dan soundtrack Shake It Up: Live 2 Dance. Setelah menandatangani kesepakatan dengan label rekaman Disney Hollywood Records, ia mulai bekerja pada album solo pertamanya.

Pada awal 2013, Zendaya muncul di musim ke-16 dari Dancing with the Stars, menjadi kontestan acara termuda. Pada Juli, Shake It Up berakhir, dan dalam bulan-bulan berikutnya, buku Between U and Me, dan album debutnya Zendaya tiba. Singel utama album "Replay" dirilis pada 16 Juli 2013 dan masuk posisi top40 di Billboard Hot 100 dan nomor 18 di Selandia Baru. Album self-titled Zendaya dirilis pada 17 September, dan memuncak pada posisi 51 di Billboard 200.

Lahir pada tanggal 1 September 1996 di Oakland, California dari Kazembe Ajamu Coleman dan Claire Stoermer, Zendaya tumbuh sebagai bagian dari sekitar California Shakespeare Theater di Orinda dimana ibunya bekerja sebagai manajer rumah di samping pelatihan di Program Konservatorium Mahasiswa Teater. Zendaya telah tampil dalam berbagai tahap produksi. Zendaya juga membantu pelanggan kursi ibu dan menjual tiket undian untuk manfaat teater. Sementara dia bersekolah di Oakland School for the Arts ia membintangi sebagai Little Ti Moune di Once on This Island di Berkeley Playhouse dan peran pelarian dari karakter laki-laki Joe di Caroline, or Change pada TheaterWorks Palo Alto.

Dia mempelajari kerajinannya di CalShakes Conservatory Program dan di American Conservatory Theater. Tahap kredit dia lainnya termasuk Richard III, Twelfth Night, dan As You Like It. Situs resmi Zendaya menyatakan bahwa namanya berasal dari arti kata "bersyukur" dalam Shona (Bantu adalah bahasa asli orang Shona dari Zimbabwe). Dia juga menghabiskan waktu tiga tahun menari dengan mantan kelompok tarinya bernama Future Shock Oakland. Mereka menari tarian seperti Hip Hop dan Hula.

Pada 2013 Zendaya dinominasikan sebagai kontestan pada musim 16 dari Dancing With the Stars. Dia menantang Shawn Johnson sebagai kontestan termuda yang pernah berada di acara itu. Dia menampilkan dansa pertamanya dengan Val Chmerkovskiy pada 18 Maret 2013 untuk Contemporary, dan mendapat skor 24. Dia mencetak skor 26 pada 25 Maret 2013 dengan Jive, total skor dia 50, angka yang tertinggi, untuk menjaga Val dan dia aman dari eliminasi pada tanggal 26 Maret 2013. Dia juga mencetak nilai sempurna dalam 20 Mei 2013 episode dalam setiap tarian tetapi selesai di tempat kedua dalam result show malam berikutnya. Pada Juni 2013, Coleman melakukan syuting untuk video musik. Pada 25 Juli, Disney Channel mengkonfirmasikan bahwa Shake It Up akan dibatalkan setelah berakhirnya musim yang ketiga.

Pada Mei 2013, dilaporkan bahwa album debut Coleman akan dirilis pada musim gugur 2013 dan singel utama album akan dirilis pada bulan Juni. Pada tanggal 13 Agustus 2013, Zendaya mengungkapkan bahwa album debutnya akan self-titled, bersama dengan memperkenalkan karya seni resmi untuk rekaman. Album debut self-titled Zendaya, dirilis pada tanggal 17 September 2013 oleh Hollywood Records. Setelah rilis album ini disambut dengan review positif dari kritikus musik yang membandingkan album dengan pekerjaan Cassie Ventura. Album debut pada chart Billboard 200 berada di nomor 51 dengan penjualan sekitar 7.458 eksemplar dalam minggu pertama.

"Replay" dirilis sebagai singel utama album pada pada 16 Juli 2013. Lagu ini disambut dengan review positif dari kritikus mencatat satu dari melanggar musikal "cetakan" dan memuji lagu untuk lirik catchy. Replay meraih sukses menengah di mana ia memulai debutnya di nomor tujuh puluh tujuh dan mencapai puncak pada empat puluh di chart Billboard Hot 100, making Replay her first Top forty hit. Lagu ini juga membuat penampilan di chart Selandia Baru dan chart Kanada dan memuncak pada nomor delapan belas dan 83 masing-masing. Lagu ini meraih sertifikasi platinum oleh RIAA untuk pengiriman satu juta eksemplar.

Pada 19 September 19 2013, Zendaya membuat pertunjukan nasional pertamanya pada The Ellen DeGeneres Show, di mana dia menyanyikan singel utama album. Pada awal 2012 Zendaya memulai tur Amerika Utara berjudul Swag It Out Tour, dalam rangka untuk mempromosikan album debutnya dan soundtrack Shake It Up. Tur dimulai pada tanggal 5 Agustus 2012 di Oakland dan selesai pada tanggal 17 Desember 2013. Tur terdiri dari dua leg seluruh Amerika dan Kanada dengan total duapuluh satu acara. Zendaya juga menjadi rekan presenter BET “106th & Park” selama BET Experience menjelang BET Awards.

Pada 2013 Zendaya melakukan syuting film berjudul Zapped yang akan dirilis musim panas 2014. Pada awal tahun 2014 Zendaya akan syuting pilot untuk acara spesial Disney Super Awesome Katy. Zendaya merilis dua video Buzz, "My Baby", pada tanggal 28 Januari 2014, dan "The My Baby Remix bersama rapper Taylor Gang Ty Dolla Sign", pada 15 Februari 2014.[34] Pada tanggal 30 Januari 2014, Replay menerima Platinum. Zendaya juga merupakan "wajah baru" dari X-Out.