Biografi Gerardus Mercator Kartografer Flandria

Biografi Gerardus Mercator kartografer FlandriaGerardus Mercator (5 Maret 1512 – 2 Desember 1594) adalah seorang kartografer Flandria. Ia lahir di kota Rupelmonde. Gerardus Mercator memopulerkan peta proyeksi Mercator yang sangat berguna bagi para pengelana. Gerardus Mercator meninggal di kota Duisburg. Jenazahnya dimakamkan di gereja Santo Salvatorus. Kini, pameran karya-karyanya dapat dilihat di Duisburg dan di Museum Mercator, Sint-Niklaas, Belgia.

Flandria (bahasa Belanda Vlaanderen, Perancis Flandre, Jerman Flandern, Inggris Flanders) adalah sebuah negara bagian dalam rangka kerajaan federal Belgia. Flandria berbatasan dengan Belanda di sebelah utara dan timur, dengan Laut Utara di sebelah barat dan dengan Prancis serta Walonia di sebelah selatan. Selain itu kota Brussel yang merupakan negara bagian Belgia pula, dikelilingi secara keseluruhan oleh Flandria. Flandria memuat sekitar 60% penduduk Belgia.

Proyeksi Mercator adalah proyeksi peta silinder yang dipopulerkan oleh kartografer Flandria Gerardus Mercator pada tahun 1569. Proyeksi ini dapat digunakan untuk peta navigasi pelayaran. Kelemahan proyeksi Mercator adalah proyeksi ini menyimpangkan luas daerah yang jauh dari khatulistiwa. Contohnya, jarak antara Norwegia dan Greenland menjadi terlihat begitu jauh, atau luas Greenland terlihat lebih besar dari Amerika Selatan, yang sebenarnya lebih besar dari Greenland.

Secara umum, proyeksi peta dapat didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari cara pemindahan data topografi dari permukaan Bumi ke atas permukaan peta. Proyeksi peta dapat dibagi menurut bidang proyeksi, kedudukan bidang proyeksi, jenis unsur (distorsi), dan modifikasi (gubahan).