Percy Sledge - When a Man Loves a Woman

Biography Percy Sledge Wikipedia IndonesiaPercy Sledge Tyrone lahir 25 November 1940 - meninggal 14 April 2015 adalah seorang penyanyi Blues dan Soul Amerika. Dia terkenal karena lagu When a Man Loves a Woman, No 1 pop dan soul hit pada tahun 1966. dianugerahi juta-penjualan, disc emas bersertifikat dari RIAA .

Setelah sebelumnya bekerja sebagai rumah sakit tertib pada awal tahun 1960, ia mencapai keberhasilannya terkuat di akhir 1960-an dan awal 1970-an dengan serangkaian lagu-lagu soul emosional. Dalam tahun kemudian, Percy menerima Rhythm dan Blues Yayasan Karir Achievement Award 's. Dia dilantik ke dalam Rock & Roll Hall of Fame pada tahun 2005.

Sledge lahir pada November 25, 1940 di Leighton, Alabama. Ia bekerja dalam serangkaian pekerjaan pertanian di bidang di Leighton sebelum mengambil pekerjaan sebagai tertib di County Colbert Hospital di Sheffield, Alabama . Melalui pertengahan 1960-an, ia melakukan tur Tenggara dengan Esquires Combo pada akhir pekan, saat bekerja di rumah sakit selama seminggu. Seorang mantan pasien dan saling teman Sledge dan produser rekaman Quin Ivy memperkenalkan dua. Audisi diikuti, dan Sledge ditandatangani untuk kontrak rekaman.

Suara soulful Sledge adalah sempurna untuk seri jiwa balada yang diproduksi oleh Ivy dan Marlin Greene, yang batu kritikus Dave Marsh disebut "klasik emosional untuk Romantisisme dari segala usia". " Ketika Pria Mencintai Wanita "adalah lagu pertama Sledge tercatat dalam kontrak, dan dirilis Maret 1966. [4] Menurut Sledge, inspirasi lagu datang ketika pacarnya meninggalkan dia untuk karir modeling setelah ia diberhentikan dari pekerjaan konstruksi pada akhir tahun 1965, [6] dan, karena bassis Calvin Lewis dan organ Andrew Wright membantunya dengan lagu, ia memberikan semua kredit penulisan lagu mereka.

Hal ini mencapai No 1 di Amerika Serikat dan pergi ke menjadi internasional hit . "Ketika Pria Mencintai Wanita" adalah hit dua kali di Inggris, mencapai No 4 tahun 1966 dan, pada ulang, memuncak di No 2 tahun 1987. Lagu ini juga catatan emas pertama dirilis oleh Atlantic Records . The lagu jiwa menjadi landasan karir Sledge, serta diikuti oleh "Hangat dan Lembut Love" (ditutupi oleh penyanyi Inggris Elkie Brooks pada tahun 1981), "Ini Air mata Me Up", "Luangkan Waktu Tahu Her" (yang terbesar kedua AS mencapai, mencapai No 11; lirik lagu ditulis oleh Steve Davis), " Love Me Tender . ", dan" Cover Me "

Sledge memetakan dengan "Aku akan Be Semuanya Anda" dan "sinar matahari" selama tahun 1970, dan menjadi favorit konser internasional di seluruh dunia, terutama di Belanda , Jerman , dan di benua Afrika ; ia rata-rata 100 konser tahun di Afrika Selatan. Sledge menikah dua kali dan meninggalkan seorang istri keduanya, Rosa Sledge, yang dinikahinya pada tahun 1980. Ia memiliki 12 anak, dua di antaranya menjadi penyanyi. Sledge meninggal kanker hati di rumahnya di Baton Rouge pada tanggal 14 April 2015, usia 74.