Aniyah Rahmawati - Ibu Melahirkan 5 Bayi

Biografi Profil Biodata Aniyah Rahmawati - Ibu Melahirkan 5 Bayi KembarAniyah Rahmawati, seorang ibu yang melahirkan lima bayi sekaligus dengan cara operasi di RSU dr Soetomo, Surabaya, Jumat (19/6/2015). Kondisi kelima bayi milik pasangan Hari Saputra dan Aniyah Rahmawati tersebut sehat dan saat ini masih berada di dalam tabung inkubator.

Bayi tersebut empat di antaranya laki-laki dan satu perempuan. Beratnya beragam, dari 1.100 gram hingga 1.350 gram kata salah satu dokter yang menangani persalinan, dr Relly Yanuari SpOG. Tiga bayi di antaranya ditempatkan di ruang Neonatus Intensive Care Unit (NICU) Gedung Bedah Pusat Terpadu (GBPT) dan dua bayi yang kondisinya lebih stabil ditempatkan di ruang Neonatus Instalasi Rawat Darurat (IRD).

Dia mengatakan, ibu bayi melakukan program bayi tabung karena sudah lima tahun pasca-meninggalnya anak pertama, dia belum juga dikaruniai anak. Kelima bayi berada di kandungan ibunya selama 32 minggu, dari waktu normal 37 minggu usia kehamilan. Langkah operasi persalinan diambil karena dikhawatirkan ruang bayi semakin sempit jika harus menunggu lima minggu lagi.

Ramadan tahun ini merupakan bulan yang sangat membahagiakan bagi pasangan suami istri Hari Saputra dan Aniyah Rahmawati, warga komplek perumahan TNI AL Kenjeran karena Aniyah Rahmawati melahirkan bayi kembar lima. Meski prematur, namun kelima bayi tersebut lahir dalam keadaan sehat. Saat ini, sang ibu masih menjalani perawatan di rumah sakit.

Menurut dr Relly Yuniaru Primariwawan, dokter yang menangani bayi kembar lima itu, saat ini kondisinya masih diobservasi. Persalinan Aniyah dilakukan secara ceaser. Sang ibu melakukan iseminasi atau bayi tabung. Mereka melakukan itu setelah lima tahun belum dikaruniai anak. Dua tahun lalu pernah memiliki anak, namun meninggal.

Bayi kembar lima ini lahir sekitar pukul 07.00 WIb tadi pagi. Sejak itu, sang ibu masih dalam masa pemulihan. Lima bayi tersebut ditempatkan di ruang inkubator dan secara umum kondisinya membaik. Berat badan kelima bayi rata-rata 1,2 kg. Tiga bayi ditempatkan di ruang Neonatus Intensive Care Unit (NICU) Gedung Bedah Pusat Terpadu (GBPT) dan dua bayi yang kondisinya lebih stabil ditempatkan di ruang neonatus Instalasi Rawat Darurat (IRD).

Risa menjelaskan, yang menangani persalinan adalah dr Relly Yanuari Primariawan SpOG. Dan kelima dokter yang menangani masing-masing bayi adalah dr Martono SpAK, dr Achmad Yanuar Heryana SpA, dr Dina SpA, dr Yuri SpA dan dr Barlian SpA. Usia kandungan ibu kelima bayi, kata Risa, saat melahirkan adalah 32 minggu. Sebenarnya usia kandungan untuk cukup melahirkan adalah 37 minggu, hanya saja pihak rumah sakit memikirkan kondisi ibu bayi.