Biografi Ben Affleck Aktor Sutradara Amerika

Biografi Profil Biodata Ben Affleck BiographyBen Affleck yang bernama lengkap Benjamin Geza Affleck (lahir 15 Agustus 1972; umur 42 tahun) adalah aktor, sutradara, dan produser Amerika yang pernah memenangkan penghargaan Academy Award kategori penulis cerita terbaik lewat film Good Will Hunting tahun 1997. Ia berkarier di film sejak era pertengahan 1990an berawal lewat sebuah peran di film Mallrats (1995) dan Chasing Amy (1997).

Dia dikenal sebagai aktor utama pria papan atas Hollywood dan pernah bemain dalam film-film sukse berdana besar seperti Armageddon (1998), Pearl Harbor (2001), Changing Lanes (2002), The Sum of All Fears (2002) dan Daredevil (2003). Ia pernah berkolaborasi peran bersama adik laki-lakinya, aktor Casey Affleck.

Benjamin Géza Affleck-Boldt
15 Agustus 1972 (umur 42)
Flag of California.svg Berkeley, California
Tinggi 6 ft 2.5 in / 1.89 m
Pasangan Jennifer Garner (2005-sekarang)
Anak Violet Anne Affleck
Penghargaan Saturn Award for Best Supporting Actor - Motion Picture
2006 Hollywoodland

Affleck pernah menjalin hubungan dengan aktris papan atas Hollywood, Gwyneth Paltrow tahun 1998. Setelah putus dari Paltrow, ia menjalin hubungan dengan penyanyi kelas dunia Jennifer Lopez pada tahun 2002 namun keduanya berpisah dan gagal bertunangan pada tahun 2004. Kemudian pada tahun yang sama Afflek kembali menjalin hubungan dengan aktris Hollywood Jennifer Garner, lawan mainnya dalam film Daredevil. Affleck menikah dengan Garner pada 29 Juni 2005. Pernikahan mereka membuahkan dua orang putri: Violet Anne Affleck (lahir Desember 2005), Seraphina Rose Elizabeth Affleck (lahir Januari 2009) dan Samuel Garner Affleck (lahir Februari 2012).

Good Will Hunting adalah sebuah film tahun 1997 disutradarai oleh Gus Van Sant mengambil tempat di Boston, Massachusetts, yang menceritakan kisah Will Hunting, seorang "prodigy" bermasalah yang bekerja sebagai "janitor" di Massachusetts Institute of Technology meskipun pengetahuannya dalam matematika lebih superior dibanding dengan seluruh orang lain di fakultas tersebut.

Film ini ditulis oleh Matt Damon dan Ben Affleck. Gosip yang tersebar-luas bahwa Good Will Hunting ditulis oleh "screenwriter" legendaris William Goldman dibantah dalam buku Goldman Which Lie Did I Tell? More Adventures In The Screen Trade sebagai sebuah lawakan di luar kendali.

Film ini sering kali dibandingkan dengan novel J.D. Salinger The Catcher in the Rye, dan beberapa mengklaim bahwa naskah film ini ditulis berdasarkan beberapa pengaruh dalam novel tersebut. Protagonis dari film ini juga memiliki kemiripan dengan Srinivasa Ramanujan atau George Dantzig.