Oliver Sacks - Profesor Neurology Ahli Saraf

Biografi Profil Biodata Oliver Sacks Biography Dead Death Wikipedia IndonesiaOliver Serigala Sacks, CBE (9 Juli 1933 - 30 Agustus 2015) adalah seorang Inggris ahli saraf dan penulis. Dia adalah Profesor of Neurology di New York University School of Medicine. Antara 2007 dan 2012, ia profesor neurologi dan psikiatri di Columbia University, di mana ia juga menjabat sebagai "Columbia Artist," yang diakui kontribusinya terhadap seni dan ilmu pengetahuan. Sebelum itu, ia menghabiskan bertahun-tahun di fakultas klinis Yeshiva University 's Albert Einstein College of Medicine. Dia juga menjabat sebagai mengunjungi profesor di University of Warwick.

Sacks adalah penulis sejumlah buku laris, termasuk beberapa koleksi studi kasus orang dengan gangguan neurologis. Buku 1973 Awakenings, akun otobiografi dari upaya untuk membantu orang-orang dengan ensefalitis lethargica mendapatkan kembali fungsi saraf yang tepat, diadaptasi ke dalam Academy Award -nominated film dengan nama yang sama pada tahun 1990 yang dibintangi Robin Williams dan Robert De Niro. Dia dan bukunya Musicophilia: Tales of Music dan Otak adalah subjek dari "Minds Musical", sebuah episode dari PBS seri Nova. Pada tahun 2008 ia dianugerahi CBE di ulang tahun Ratu Honours untuk layanan untuk literatur.

Karung menjalani terapi radiasi pada tahun 2001 untuk melanoma okular di mata kanannya. Ia membahas kerugian nya dari visi stereoscopic, yang disebabkan oleh pengobatan, dalam sebuah artikel 2010, [70] kemudian diperluas di atasnya dalam bukunya The Mind Eye akhir tahun itu. Pada bulan Januari 2015, metastasis dari tumor mata ditemukan pada hati dan otaknya. Sacks mengumumkan perkembangan ini di bulan Februari New York Times sepotong op-ed dan perkiraan waktu yang tersisa di "bulan". Dia menyatakan niatnya untuk "hidup dalam terkaya, terdalam, cara yang paling produktif saya bisa". Dia menambahkan:

"Saya ingin dan berharap dalam waktu yang tetap untuk memperdalam persahabatan saya, untuk mengucapkan selamat tinggal kepada orang-orang yang saya cintai, menulis lebih banyak, untuk melakukan perjalanan jika saya memiliki kekuatan, untuk mencapai tingkat baru dari pemahaman dan wawasan."

Sacks tidak pernah menikah, dan tinggal sendirian untuk sebagian besar hidupnya. [66] Ia telah menolak untuk berbagi rincian dari kehidupan pribadinya sampai akhir hidupnya. Dia meninggal akibat penyakit ini pada 30 Agustus 2015, di rumahnya di Manhattan, pada usia 82.