Biografi Annie Besant - India Inspiring Women

Biografi Profil Biodata Annie Besant Biography - Inspiring Women IndiaAnnie Besant (1 Oktober 1847 - 20 September 1933) adalah seorang tokoh Inggris sosialis, theosophist, hak-hak perempuan aktivis, penulis dan orator dan pendukung pemerintahan sendiri Irlandia dan India.

Pada tahun 1867, Annie pada usia 20, menikah Frank Besant, seorang pendeta, dan mereka memiliki dua anak, tapi pandangan semakin anti-agama Annie menyebabkan pemisahan hukum pada tahun 1873. [1] Dia kemudian menjadi pembicara terkemuka untuk Masyarakat Sekuler Nasional (NSS) dan penulis dan teman dekat Charles Bradlaugh. Pada tahun 1877 mereka dituntut untuk menerbitkan sebuah buku dengan kontrol kelahiran kampanye Charles Knowlton. Skandal ini membuat mereka terkenal, dan Bradlaugh terpilih MP untuk Northampton pada tahun 1880.

Dia terlibat dengan tindakan serikat termasuk Minggu Berdarah demonstrasi dan pemogokan London matchgirls 1888. Dia adalah pembicara terkemuka untuk Masyarakat Fabian dan Marxis Federasi Sosial Demokrat (SDF). Dia terpilih untuk Dewan Sekolah London untuk Tower Hamlets, topping jajak pendapat meskipun sedikit perempuan yang memenuhi syarat untuk memberikan suara pada waktu itu.

Biografi Profil Biodata Annie Besant Biography - Inspiring Women IndiaPada tahun 1890 Besant bertemu Helena Blavatsky dan selama beberapa tahun ke depan minatnya dalam teosofi tumbuh sementara minatnya dalam hal sekuler berkurang. Dia menjadi anggota dari Theosophical Society dan dosen terkemuka pada subjek. Sebagai bagian dari pekerjaannya-teosofi terkait, ia melakukan perjalanan ke India. Pada tahun 1898 ia membantu mendirikan Central Hindu Tinggi dan pada tahun 1922 ia membantu mendirikan Hyderabad (Sind) Dewan Collegiate Nasional di Mumbai, India.

Pada tahun 1902, ia mendirikan Lodge luar negeri pertama dari International Order of Co- Freemasonry, Le Droit Humain. Selama beberapa tahun berikutnya ia mendirikan pondok-pondok di banyak bagian dari Kerajaan Inggris. Pada tahun 1907 ia menjadi presiden dari Theosophical Society, yang bermarkas internasional berada di Adyar, Madras, (Chennai). Dia juga terlibat dalam politik di India, bergabung dengan Kongres Nasional India. Ketika Perang Dunia I pecah pada tahun 1914, ia membantu meluncurkan Home Peraturan Liga untuk mengkampanyekan demokrasi di India dan status dominion dalam Kekaisaran.

Hal ini menyebabkan pemilihannya sebagai presiden India Kongres Nasional pada akhir tahun 1917. Pada akhir 1920-an, Besant perjalanan ke Amerika Serikat dengan anak didik dan anak angkat J. Krishnamurti, yang dia mengaku adalah Mesias baru dan inkarnasi dari Buddha. Krishnamurti menolak klaim ini pada tahun 1929. Setelah perang, dia terus mengkampanyekan kemerdekaan India dan penyebab teosofi, sampai kematiannya pada tahun 1933.