Edhie Sunarso - Pembuat Patung Pancoran

Biografi Profil Biodata Edhi Sunarso Meninggal Pembuat Patung PancoranEdhi Sunarso lahir di Salatiga, Jawa Tengah, 2 Juli 1932; umur 83 tahun adalah pematung Indonesia. Edhi Sunarso Karya yang dihasilkan Edhi Sunarso antara lain, patung Monumen Selamat Datang di Bundaran Hotel Indonesia dan Diorama Sejarah Monumen Nasional di Jakarta.

Edhie Sunarso, Seniman pembuat patung Pancoran tutup usia pada Senin (4/1/2016). Sebelum meninggal, Edhie dirawat di Jogja Internasional Hospital sejak 31 Desember 2015. "Kamis kemarin masuk setelah mengeluh sesak napas," ucap putri bungsu Edhie, Sari Prasetya, Selasa (5/1/2016). Menurut Sari, sejak jauh hari, ayahnya juga meninggalkan sejumlah pesan sebelum wafat, di antaranya pesan untuk dimakamkan di sebelah istrinya di makam seniman Saptohudoyo, Imogiri, Bantul, setelah meninggal dunia.

Biografi Profil Biodata Edhi Sunarso Meninggal Pembuat Patung Pancoran"Pesan Bapak, anak-anaknya agar menjaga galeri. Bapak juga pesan kalau meninggal minta dimakamkan di sebelah ibu," ujarnya. Sementara itu, staf Humas Jogja Internasional Hospital, Indra Lestari, mengatakan, Edhie meninggal pada Senin malam. "Benar, kemarin (meninggal) pukul 22.53 WIB.

Soal penyakit dan hal-hal medis, kami tidak bisa menyampaikan," ucapnya. Edhie merupakan seniman patung kawakan Indonesia. Seniman yang belajar mematung saat menjadi tawanan KNIL ini telah menghasilkan karya patung yang fenomenal, antara lain Monumen Selamat Datang yang ada di Bundaran Hotel Indonesia, patung Pembebasan Irian Barat yang ada di Lapangan Banteng, dan patung Dirgantara yang ada di Pancoran. Selain sebagai pematung, Edhie juga mengajar menjadi dosen di Institut Seni Indonesia, Yogyakarta.

Biografi Profil Biodata Edhi Sunarso Meninggal Pembuat Patung Pancoran