Biography Nancy Davis Isteri Presiden Ronald Reagan

Biografi Profil Biodata Biografia Biography Nancy Davis Isteri Presiden Ronald Reagan Die Died DeathNancy Davis Reagan (nama lahir Anne Frances Robbins, lahir 6 Juli 1921 – meninggal 6 Maret 2016 pada umur 94 tahun) adalah seorang aktris dan istri Presiden ke-40 Amerika Serikat, Ronald Reagan. Dia adalah Ibu Negara Amerika Serikat periode 1981–1989. Nancy lahir di Kota New York. Setelah orang tuanya berpisah, ia dibesarkan di Maryland, hidup bersama dengan bibi dan pamannya selama beberapa tahun. Sebagai Nancy Davis, dia adalah seorang akrtis Hollywood pada tahun 1940-an dan 1950-an, membintangi film seperti The Next Voice You Hear..., Night Into Morning, dan Donovan's Brain. Pada tahun 1952, ia menikah dengan Ronald Reagan yang saat itu menjadi Presiden Screen Actors Guild. Mereka memiliki dua anak. Reagan adalah Ibu Negara Bagian California ketika suaminya menjadi Gubernur periode 1967−1975.

Biografi Profil Biodata Biografia Biography Nancy Davis Isteri Presiden Ronald Reagan Die Died DeathNancy Reagan menjadi Ibu Negara Amerika Serikat pada bulan Januari 1981, menyusul kemenangan suaminya dalam pemilihan presiden tahun 1980. Dia dikritik pada awal masa jabatan pertamanya sebagian besar karena keputusannya untuk mengganti Gedung Putih china, meskipun hal itu dibayar oleh sumbangan pribadinya. Dia bertujuan untuk mengembalikan keglamoran era Kennedy ke Gedung Putih. Minatnya dalam high-end fashion mengumpulkan banyak perhatian serta kritik. Dia memperjuangkan upaya pencegahan narkoba dengan mendirikan kampanye kesadaran narkoba "Just Say No", yang dianggap sebagai inisiatif utamanya sebagai Ibu Negara.

Biografi Profil Biodata Biografia Biography Nancy Davis Isteri Presiden Ronald Reagan Die Died DeathKontroversi terjadi ketika terungkap pada tahun 1988 bahwa Nancy berkonsultasi dengan seorang peramal untuk membantunya dalam perencanaan jadwal presiden setelah usaha pembunuhan suaminya pada tahun 1981. Dia memiliki pengaruh yang kuat pada suaminya dan memainkan peran dalam beberapa personel suaminya dan keputusan diplomatik. Reagan pensiun dan kembali ke rumah mereka di Bel Air, Los Angeles, California, pada tahun 1989. Nancy mengabdikan sebagian besar waktunya untuk merawat suaminya yang didiagnosis mengidap penyakit Alzheimer pada tahun 1994, sampai kematiannya pada usia 93 pada tahun 2004. Nancy tetap aktif dalam Perpustakaan Reagan dan dalam politik, khususnya dalam mendukung penelitian sel induk embrio, sampai kematiannya Maret 2016.