Biography Patty Duke Astin - Anna Marie Duke

Biografi Profil Biodata Biography Patty Duke Died Show - Wikipedia Sean Astin Death Michael PearceAnna Marie "Patty" Duke (14 Desember 1946 - 29 Maret 2016) adalah seorang aktris Amerika dari panggung , Film , dan televisi . Dia pertama kali dikenal sebagai bintang remaja, yang memenangkan Academy Award untuk Aktris Pendukung Terbaik pada usia 16 untuk perannya sebagai Helen Keller di The Miracle Worker (1962), yang ia berasal dari Broadway. Kemudian dia memimpin dalam sitkom eponymous The Patty Duke Show . Duke berkembang untuk peran yang lebih matang seperti di film Valley of the Dolls (1967), bermain Neely O'Hara .

Dia menjabat sebagai presiden Screen Actors Guild 1985-1988, empat tahun setelah Patty Duke Show co-star nya William Schallert diadakan kantor yang sama. Duke didiagnosis dengan gangguan bipolar pada tahun 1982, setelah itu ia mencurahkan banyak waktunya sebagai advokat untuk dan mendidik masyarakat tentang kesehatan mental masalah. Pada tahun 1996, 30 tahun setelah The Patty Duke Show berakhir, Duke menduduki peringkat No 40 di TV Guide "50 Bintang TV Greatest of All Time".

Biografi Profil Biodata Biography Patty Duke Died Show - Wikipedia Sean Astin Death Michael PearceSalah satu pekerjaan akting pertama Duke adalah di akhir 1950-an, di sinetron The Brighter Day . Dia juga muncul dalam iklan cetak dan iklan televisi. Pada tahun 1959, pada usia 12, Duke muncul di The $ 64.000 Question dan memenangkan $ 32.000; kategori keahliannya adalah ejaan. Pada tahun 1962, terungkap bahwa acara permainan telah dicurangi , dan ia dipanggil untuk bersaksi di depan panel Senat Amerika Serikat. Pada tahun 1959, Duke muncul dalam adaptasi televisi dari Meet Me di St. Louis sebagai Tootie Smith, peran yang telah berasal versi film oleh Margaret O'Brien .

Peran utama besar pertama Duke bermain Helen Keller (dengan Anne Bancroft sebagai Annie Sullivan ) di Broadway bermain The Miracle Worker , yang berlangsung selama hampir dua tahun (Oktober 1959-Juli 1961). Tentang pertengahan menjalankan produksi, namanya ditempatkan di atas judul di tenda. Drama itu kemudian dibuat menjadi film yang 1962 , yang Duke menerima Academy Award untuk Aktris Pendukung Terbaik . Pada 16, Duke adalah orang termuda pada saat itu telah menerima Academy Award dalam kategori kompetitif. Duke kembali ke televisi yang dibintangi dengan Laurence Olivier dan George C. Scott dalam produksi televisi dari The Power dan Glory (1961).

Biografi Profil Biodata Biography Patty Duke Died Show - Wikipedia Sean Astin Death Michael PearceDuke dan Astin menikah pada bulan Agustus 1972. Astin diadopsi Sean dan pasangan memiliki anak lain, aktor Mackenzie Astin , pada tahun 1973. Duke dan Astin bekerja sama secara luas selama pernikahan mereka, dan ia mengambil namanya profesional, menjadi "Patty Duke Astin". Pasangan ini bercerai pada tahun 1985. Duke menikah dengan suami keempatnya, Bor Sersan Michael Pearce, pada tahun 1986. Duke dan Pearce telah bertemu selama produksi A Time to Triumph, yang Pearce menjabat sebagai konsultan.

Pasangan itu pindah ke Hayden, Idaho , dan mengadopsi anak, Kevin, yang lahir pada tahun 1988. Pearce menjadi petugas pemadam kebakaran . Dari pernikahannya dengan Pearce untuk kematiannya, Duke sesekali menggunakan nama "Anna Duke-Pearce" dalam tulisan-tulisannya dan kerja profesional lainnya. Duke memiliki tiga cucu perempuan oleh anak sulungnya Sean, aktris Alexandra "Ali" Astin dan adik-adiknya Elizabeth dan Isabella. Duke meninggal pada pagi 29 Maret, 2016, pada usia 69, di Coeur d'Alene, Idaho , dari sepsis dari usus pecah .