Biodata Prita Hapsari Ghozie - Financial Planner

Biografi Profil Biodata Prita Hapsari Ghozie - Financial PlannerPrita Hapsari Ghozie, SE, MCom, GCertFinPlanning, CFP, QWP, adalah seorang CEO & Financial Planner,  financial trainer & speaker,  penulis, Dosen FEUI, seorang isteri, dan ibu dari 2 orang anak. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Dr. Ir. Iwan Pontjowinoto, MM dan Roswita Januarti, SE, Prita kecil memang sudah sangat familiar dengan dunia keuangan. Prita berkesempatan untuk belajar langsung dari pelopor Reksa Dana di Indonesia, pendiri Masyarakat Ekonomi Syariah, dan pencetus Jakarta Islamic Index, yang merupakan ayahandanya sendiri. Tidak heran, menjadi seorang investor Reksa Dana sejak usia 16 tahun telah dilakoninya.

Lulus dari SMU Labschool Jakarta dan mendapatkan kesempatan mengikuti Program Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB), Prita menempuh pendidikan S1 reguler jurusan akuntansi dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada tahun 1998. Tiga setengah tahun kemudian, ia berhasil lulus dan langsung melanjutkan pendidikan S2 di University of Sydney School of Business, Australia. Selama di Sydney, peraih gelar Master of Commerce dengandouble major Banking & Accounting ini bekerja paruh waktu di institusi pelatihan jasa keuangan terbesar di Australia.

Atas dasar itulah, Prita mengikuti pendidikan formal S2 untuk bidang Perencanaan Keuangan di Financial Services Institute of Australasia (FINSIA) dan berhasil mendapatkan gelar Graduate Certificate in Financial Planning pada tahun 2003 di Melbourne. Dengan pencapaian ini, Prita mendapatkan sertifikasi kompetensi dari Australian Qualification Frameworkuntuk memberikan konsultasi dan saran-saran keuangan di bidang Managed Investments, Risk & Insurance Management, Estate Planning, dan Pension Planning.

Prita secara tetap mengasuh rubrik Bunda & Uang di Majalah Ayahbunda Indonesia, konsultan keuangan di media online detik finance, dan penulis tetap untuk kolom Kiat Kocek di Tabloid KONTAN Mingguan. Prita juga menjadi nara sumber di program radio Money And Me di 94.7 UFM (Kamis 08.00 wib) Jakarta sejak tahun 2010 dan nara sumber untuk program #Interaktuit Kompas Bisnis di Kompas TV (Jumat 12.30 wib). Selain itu, Prita juga menjadi Nara Sumber di media nasional seperti program Your Money 8-11 Show Metro TV, program Market Corner Berita Satu TV, program Indonesia Morning Show NET TV, TVOne, Trans7, MNC TV, koran Kompas, Majalah Femina, MarieClaire Magazine, Majalah Her World, GoodHousekeeping Magazine, Tabloid NOVA, Majalah NOOR dan Harian Republika.

Saat ini, Prita merupakan CEO dan Chief Planner di kantor konsultan keuangan ZAP Finance dimana dia menjadi CFP professional. Tugasnya adalah memberikan jasa konsultasi, pembuatan rencana keungan, dan implementasi investasi untuk individu, keluarga. Selain juga menjadi pembicara di berbagai seminar dan acara bincang santai, dan juga menjadi instruktur di pelatihan-pelatihan keuangan. Sejalan dengan cita-cita bahwa semua orang bisa memperoleh hidup yang indah dan sejahtera, Prita dan rekan-rekan, memperkenalkan konsep ZAPFIN Your Money untuk mengelola keuangan pribadi. Mereka juga membangun aplikasi untuk membuat rencana keuangan sederhana sendiri yang dapat diakses oleh semua orang.

Sebelum di ZAP Finance, Prita merupakan Country Treasury Analyst dan pengurus Dana Pensiun IBM Indonesia di P.T. IBM Indonesia sejak tahun 2005 – 2009 dimana dia memperoleh IBM Bravo Award untuk karyawan berprestasi. Sejak tahun 2004 – 2005, Prita merupakan Sales Specialist untuk IBM pSeries System dimana dia termasuk kedalam jajaran karyawan Best Performers. Selain berkipah di dunia profesional, Prita juga merupakan Staf Pengajar program S1 Reguler untuk Departemen Akuntansi di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia sejak tahun 2009.