Biografi Jacob Nuwa Wea - Mantan Menakertrans

Biografi Profil Biodata Jacob Nuwa Wea - Mantan MenakertransJacob Nuwa Wea yang lahir di Flores, Nusa Tenggara Timur, 14 April 1944 dan meninggal di Penang, Malaysia, 9 April 2016 pada umur 71 tahun adalah Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada Kabinet Gotong Royong. Jacob mengawali karier politiknya bersama PDI Perjuangan sejak partai itu masih bernama PDI. Setelah partai itu terbelah, dia memilih mengikuti Megawati Soekarnoputri. Pria asal Nagikeo, Flores, Nusa Tenggara Timur sempat menjabat sebagai Ketua Umum KSPSI hingga akhirnya ditunjuk sebagai Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi di masa Presiden Megawati.

Lulusan Akademi Ilmu Perburuhan Jakarta tahun 1978 ini juga adalah pengurus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Pada tahun 1999 hingga 2001 menjadi Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP. Setelah itu pada tahun 2001 hingga 2004 menjadi Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada Kabinet Gotong Royong. Sebagai Menakertrans Beliau meneruskan Al Hilal Hamdi yang menjabat Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Indonesia periode 1999 - 2001 dan diteruskan oleh Fahmi Idris dalam Kabinet Reformasi Pembangunan dan Kabinet Indonesia Bersatu.

Tokoh senior PDI Perjuangan Jacob Nuwa Wea meninggal dunia, Sabtu pagi (9/4/2016) di Rumah Sakit Gleaneagles Penang, Malaysia. Jenazah diterbangkan ke Jakarta Minggu (10/4/2016) dan tiba di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta sekitar pukul 14.35 WIB. Jacob diketahui mengalami komplikasi sejumlah penyakit sejak beberapa tahun lalu. Jacob meninggalkan empat orang anak dan enam orang cucu. Jacob meninggal menyusul sang adik Yoseph Lea Wea yang lebih dulu pergi wafat, Minggu (3/4/2016).