Profil Sri Mulyani Indrawati Menteri Keuangan

Biografi Profil Biodata Sri Mulyani Indrawati - Direktur Pelaksana Bank DuniaSri Mulyani Indrawati, S.E., M.Sc., Ph.D. (lahir di Bandar Lampung, Lampung, 26 Agustus 1962; umur 53 tahun) adalah wanita sekaligus orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Jabatan ini diembannya mulai 1 Juni 2010 hingga dia dipanggil kembali oleh Presiden Joko Widodo untuk menjabat sebagai Menteri Keuangan menggantikan Bambang Brodjonegoro, dia mulai menjabat lagi sejak 27 Juli 2016. Sebelumnya, dia menjabat Menteri Keuangan Kabinet Indonesia Bersatu. Ketika ia menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia maka ia pun meninggalkan jabatannya sebagai menteri keuangan saat itu. Sebelum menjadi menteri keuangan, dia menjabat sebagai Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas dari Kabinet Indonesia Bersatu. Sri Mulyani sebelumnya dikenal sebagai seorang pengamat ekonomi di Indonesia. Ia menjabat sebagai Kepala Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (LPEM FEUI) sejak Juni 1998.

Pada 5 Desember 2005, ketika Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengumumkan perombakan kabinet, Sri Mulyani dipindahkan menjadi Menteri Keuangan menggantikan Jusuf Anwar. Sejak tahun 2008, ia menjabat Pelaksana Tugas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, setelah Menko Perekonomian Dr. Boediono dilantik sebagai Gubernur Bank Indonesia. Ia dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik Asia untuk tahun 2006 oleh Emerging Markets pada 18 September 2006 di sela Sidang Tahunan Bank Dunia dan IMF di Singapura. Ia juga terpilih sebagai wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia versi majalah Forbes tahun 2008 dan wanita paling berpengaruh ke-2 di Indonesia versi majalah Globe Asia bulan Oktober 2007. #lihat pula : Profil Singkat 38 Menteri Kabinet Indonesia Maju

Biografi Profil Biodata Sri Mulyani Indrawati - Direktur Pelaksana Bank DuniaSri Mulyani Indrawati kembali muncul dalam konstelasi politik pemerintahan Indonesia. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan menggantikan Bambang Brodjonegoro. Kepada wartawan usai pelantikan 12 Menteri Negara Kabinet Kerja dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal di Istana Negara Jakarta Rabu (27/7) sore, Sri Mulyani mengapresiasi penunjukan dirinya sebagai menteri keuangan oleh Presiden Jokowi. Sri Mulyani juga menyatakan siap bekerjasama dengan para menteri di Kabinet Kerja. Sri Mulyani menjelaskan, Presiden Jokowi secara khusus meminta dirinya untuk memperkuat tim ekonomi, khususnya dari sisi fiskal atau penganggaran. Lebih lanjut Sri Mulyani berharap bisa menggunakan seluruh instrumen baik dari sisi anggaran, kebijakan untuk mendukung kegiatan ekonomi. Jika hal itu bisa dilakukan, menurut Sri Mulyani, perekonomian Indonesia dapat bertahan dari tekanan perekonomian global saat ini.

Sri Mulyani menjelaskan, dirinya akan melihat pencapaian kerja dari Mantan Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, termasuk kesepakatan kebijakan ekonomi antara pemerintah dengan DPR. Mantan Menteri Keuangan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini menyatakan sudah mengundurkan diri dari posisinya sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Ia memastikan sudah ada komunikasi Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim dengan Jokowi perihal pengunduran diri Sri Mulyani dari Bank Dunia. Jim Yong Kim juga telah memberitahukan seluruh anggota Board of Directors mengenai keputusannya untuk mundur dan menerima tawaran Presiden Jokowi.