Profile Leon Russell Biography Musician Amerika

Biografi Profil Biodata Leon Russell Biography Biografia Died DeadLeon Russell yang lahir Claude Russell Jembatan; April 2, 1942 - November 13, 2016 adalah seorang musisi Amerika dan penulis lagu, yang dicatat sebagai musisi sesi dan sideman , dan mempertahankan karir solo. Ia memiliki 31 album untuk kreditnya , dan telah tercatat sekitar 430 lagu. Sebagai penulis lagu, ia menulis lagu termasuk "Delta Lady", direkam oleh Joe Cocker , dan terorganisir "Mad Dogs dan orang Inggris" tour Cocker pada tahun 1969. Lebih dari 100 tindakan telah mencatat nya " A Song for You " (1970) . Sebagai seorang pianis, ia bermain di awal tahun di album oleh Beach Boys dan Jan dan Dean.

Pada album pertamanya, Leon Russell, pada tahun 1970, musisi termasuk John Lennon, Ringo Starr dan George Harrison. Salah satu penggemar awal yang terbesar, Elton John , mengatakan Russell adalah "mentor" dan "inspirasi", dan mereka merekam The Union pada tahun 2010, hanya album duet John, kemudian dinominasikan untuk Grammy. Russell kemudian diproduksi dan dimainkan selama sesi rekaman untuk berbagai musisi, termasuk Bob Dylan , Frank Sinatra , Ike & Tina Turner , dan Rolling Stones. hit sendiri yang ia menulis dan merekam termasuk "Rope ketat" dan "Lady Biru". Dia tampil di Konser untuk Bangladesh pada tahun 1971 bersama dengan Dylan dan Eric Clapton . Pada tahun 2011 ia dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame , di mana ia diperkenalkan oleh Elton John .

Russell meninggal dalam tidurnya di di rumahnya di Nashville, Tennessee, pada 13 November, 2016, pada usia 74, istrinya mengatakan dalam sebuah pernyataan di situsnya. Pada tahun 2010, ia menjalani operasi untuk menghentikan kebocoran cairan otak, dan ia menderita serangan jantung pada bulan Juli 2016. Ia pulih dari operasi jantung. Elton John , yang pernah menjadi Russell pembuka, mengatakan "Dia adalah pengaruh terbesar saya sebagai pemain piano, penyanyi dan penulis lagu." Pada sidang kematian Russell, ia mengatakan "Sayangku Leon Russell berlalu .. tadi malam Dia adalah seorang mentor, inspirasi dan begitu baik padaku " Pixies vokalis Hitam Francis credits Russell dengan mempengaruhi gaya vokalnya: "Saya menyadari ada jenis tertentu bersuara saya yang mengambil isyarat dari Leon Russell Dia bernyanyi dalam aksen selatan tapi itu sangat meledak-out dan berlebihan, sangat bebas dan. longgar. "