Biography Charles Macintosh - Penemu Raincoat

Biografi Profil Biodata Charles Macintosh - Penemu RaincoatCharles Macintosh adalah seorang ahli kimia dari Skotlnadia. Charles lahir pada bulan Desember 1788 di Glasgow. Pertama kali dia mematenkan metode pembuatan bahan yang anti air yaitu dengan mencampurkan karet yang telah dihancurkan dengan aspal cair, ini dilakukan pada tahun 1823. Tetapi bahan dasar pembuatan jas hujan ini tak sesederhana kegunaannya. Sebelum di temukan Macintosh melakukan percobaan dengan menggunakan bahan-bahan sisa dari pabrik gas. Lalu, dia berusaha menggunakan bahan dari wol dengan menambahkan zat yang telah ditemukan dari satu sisi bahan wol.

Temuan macintosh ini merupakan hasil temuan bahan anti air pertama di dunia. Akan tetapi bahan yang telah ditemukan ini belumlah hasil yang semperna, karena bahan ini memiliki kelemahan yaitu masih mudah sobek bila dijahit. Karena dari bahan minyak alami, kain wol ini menyebabkan lapisan karet, terasa tidak nyaman, dikala musim dingin bahan ini menjadi kaku dan sebaliknya jika musim panas bahan ini lengket.

Sebenarnya sebelum macintosh ini mematenkan temuannya yaitu sekitar tiga tahun sebelumnya, Thomas Hancock lebih dahulu mematenkan temuaanya yaitu teknik untuk membuat bahan elastis yang bisa digunakan dalam pembuatan sarung tangan, tali selempang, stocking dan sepatu. Akan tetapi dalam proses pembuatan bahan elastis ini, Hancock masih terlalu banyak membuang bahan . sehingga Hancock menciptakan mesin agar dapat menghemat bahan dalam pembauatan karet, mesin ini dinamakan Masticator.

Pertama kali diciptakan Mesin ini terbuat dari kayu, dan di dalamnya terdapat lubang silinder dan gerigi. Dimana funginya adalah untuk menghancurkan kembali bahan-bahan yang tak terpakai. Thomas Hancock dan Charles Macintosh akhirnya bekerja sama menciptakan bahan anti air yang nyaman di segala cuaca. Bahan anti air ini kemudian diberi nama Mackintosh. Dan tentu saja, bahan ini juga yang digunakan untuk membuat jas hujan. Dalam proses selanjutnya Thomas Hancock dan Chasles Macintosh bekerja sama menciptakan bahan anti air yang bisa nyaman di cuaca dingin maupun panas. Bahan ini diberi nama Macintosh.