Profil dan Biodata Ibu Hong Cin - Bripda Hongcin

Biografi Profil Biodata Siapakah Hong cin - Bripda Cantik HongcinHong Cin atau Bripda Hongcin adalah nama dari seorang polwan atau polisi wanita cantik yang bertugas di Polda Sumatera Barat. Bripda Hongcin, demikian identitas polisi tersebut bertugas sebagai staf Direktorat Sabhara Polda Sumbar. Memang, sebagai orang kelahiran Sumbar, nama Hongcin jelas tak lazim. Tapi, Bripda Hongcin menjelaskannya bahwa namanya bersal dari kata Hongkong dan Cina. Nama tersebut diberi oleh ayahnya dikarenakan pada saat dirinya lahir pada hari Selasa tanggal 1 Juli 1997. Hari itu, bertepatan dengan peristiwa kembalinya Hongkong ke Cina, setelah dijajah sekian lama oleh Inggris.

Sebelumnya Sebuah video seorang polwan yang sedang dimarahi, beredar di berbagai jejaring sosial, termasuk WhatsApp dan Facebook, dan menjadi viral. Dalam video berjudul “SIAPAKAH HONG CIN SAMPAI POLWAN INI RELA DI HUKUM” seorang polwan meminta maaf karena tidak menyebut ibu untuk seseorang bernama Hong Cin. Polwan itu sedang menghadap seseorang yang memarahinya dan Tak tampak wajah orang yang memarahi polwan tersebut. Beberapa netizen mencoba bertanya sosok Hong Cin sehingga polwan harus meminta maaf dan siap untuk dihukum. Ada kemungkinan, Hong Cin ini seorang pengusaha yang dekat dengan kalangan kepolisian dan sangat dihormati. Sehingga semua aparat kepolisian termasuk Polwan harus menyebut nama Ibu Hong Cin.

Biografi Profil Biodata Siapakah Hong cin - Bripda Cantik HongcinHong Cin adalah anggota polwan senior dari siswa dalam video yang berdurasi 1:56 detik itu sebagai bentuk penyesalan atas kesalahannya karena menyebut nama. Bripda Hongcin mengakui bahwa ada polwan yang dimarahi karena dirinya. Ia menceritakan, ada siswa bintara polwan yang ada di video tersebut tidak menunjukkan hirarki senioritas terhadap dirinya. “Yang bersangkutan tidak ada hirarki, karena di institusi kepolisian harus memegang teguh hirarki antara junior dengan senior. Namun yang bersangkutan sudah ditegur dan sudah minta maaf”, aku Hongcin.

Ketentuan dalam hirarki di kepolisian tidak boleh memanggil nama kepada senior sebagai bentuk penghargaan kepada senior. Awal mula video tersebut, saat teman satu leting Hong Cin sedang mengingatkan polwan juniornya agar tetap mematuhi ketentuan hirarki dalam kepolisian. Pasalnya, polwan junior yang ada dalam video adalah teman sekampung Bripda Hong Cin, karna sudah kenal dan akrab, polwan junior tersebut memanggil nama Hong Cin tanpa menggunakan kata sapa atau panggilan berupa Kak atau Ibu atau yang lain-lain. Dan ini merupakan salah satu bentuk pelanggaran disiplin bagi anggota Polri. Melihat cara Polwan junior tidak menghormati seniornya, teman satu leting Hong Cin, memberi teguran dan merekamnya menggunakan handphone.